20 Orang Warga Asal Kampung Pasir Karang Jadi TKI di Luar Negeri, Begini Komentar Ketua RT

Ketua RT 24, Edi Sugandi (41), mengatakan Tuti Nurhayati (36) bukan satu-satunya warga dari kampungnya yang mencari nafkah di luar negeri.

20 Orang Warga Asal Kampung Pasir Karang Jadi TKI di Luar Negeri, Begini Komentar Ketua RT
Tribun Jabar/Ery Chandra
Suasana di Kampung Pasir Karang, Desa Gunung Karung, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta tempat asal puluhan TKI yang kerja di luar negeri, Minggu (8/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, ery chandra

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pengurus Rukun Tetangga (RT) di Kampung Pasir Karang, Desa Gunung Karung, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta mengakui sejumlah warganya sekarang ini ada yang bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).

Ketua RT 24, Edi Sugandi (41), mengatakan Tuti Nurhayati (36) bukan satu-satunya warga dari kampungnya yang mencari nafkah di luar negeri.

Setidaknya sejak 2000 hingga kini telah banyak yang berangkat ke luar negeri.

"Data terbaru kami, TKI asal kampung sini sebanyak 20 orang yang bekerja di luar negeri," ujar Edi Sugandi, di Kabupaten Purwakarta, Minggu (8/9/2019).

Kisah Pilu Tuti, TKI Viral Terjebak di Arab Saudi, 8 Tahun Tak Digaji, Kini Tak Bisa Keluar Rumah

TKI asal Purwakarta Meninggal di Arab Saudi, Padahal Rencana Pulang Desember Nanti

Ini Respons Disnakertrans Soal TKI Tuti Nurhayati yang Minta Dipulangkan dari Arab Saudi

Dia menyampaikan harapan agar sejumlah warga yang berasal dari kampungnya bisa bekerja lancar dan kondisinya tetap baik serta mendapatkan hak-haknya saat berada di luar negeri.

"Kami berharap ke depan, para TKI itu kalau bisa lancar-lancar saja. Tidak terjadi masalah," katanya.

Sebelumnya disebutkan bahwa di Purwakarta ada dua wilayah yang menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) yakni Desa Gunung Karung, Kecamatan Maniis dan Desa Lingga Mukti, Kecamatan Darangdan.

Hal itu disampaikan oleh, Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans, Kabupaten Purwakarta, Tuti Gantini. Menurutnya, di Lingga Mukti, kini terdata sebanyak 300 eks PMI dan 50 orang masih bekerja di luar negeri.

Sedangkan, untuk di Desa Lingga Mukti, merujuk data di kantor desa setempat, tercatat hampir sebagian besar penduduknya merupakan PMI.

Halaman
123
Penulis: Ery Chandra
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved