Pertama di Indonesia, Ada Terowongan di Dalam Tol Cisumdawu

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat rampung pada akhir

Pertama di Indonesia, Ada Terowongan di Dalam Tol Cisumdawu
Tribunnews.com
Pembangunan Tol Cisumdawu 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat rampung pada akhir 2020. 

Memiliki panjang 60,47 kilometer, tol yang akan menghubungkan ke Bandara Kertajati ini memiliki sejumlah daya. 

Salah satunya terowongan yang berada di perlintasan Cileunyi-Rancakalong.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Ditjen Bina Marga, Yusrizal Kurniawan, mengatakan bahwa dengan pegunungan di sisi kiri dan kanan, Tol Cisumdawu menjadi indah untuk dilalui.

"Tol Cisumdawu dengan medan kerja yang cukup berat harus melalui lembah dan bukit terjal, jadi melakukan berbagai rekayasa teknik. Berupa terowongan pertama jalan tol Indonesia. Saat ini terowongan sudah selesai, dan sangat terbantu karena tidak terkendala lahan dan cuaca," kata dia di Bandung, Jabar, Kamis (5/9/2019).

Begini Kemajuan Pembangungan Tol Cisumdawu, Disebut Persingkat Perjalanan ke Bandara Kertajati

Pembangunan Tol Cisumdawu
Pembangunan Tol Cisumdawu (Tribunnews.com)

Terowongan Cisumdawu ini memiliki panjang 472 meter dengan lebar 15 meter. Di sekitarnya, ditanami tumbuhan kacang-kacangan agar lerengnya kuat.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit berharap keberadaan terowongan lewat tol Cisumdawu ini dapat memberikan aksesibilitas yang optimal bagi provinsi Jabar dan Kabupaten Sumedang.

Pembangunan Tol Cisumdawu
Pembangunan Tol Cisumdawu (Tribunnews.com)

"Oleh karena itu, harapan kami, tol ini tak hanya koneksi Bandung-Bandara Kertajati, tetapi memberikan akses banyak masyarakat Sumedang dan lokasi untuk pariwisata yang baru. Teknisi Indonesia juga bisa bekerja dengan baik," jelasnya.

Sebagai informasi, terowongan Tol Cisumdawu terletak di desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, seksi II. 

Dibangun oleh Kementerian PUPR bekerja sama kontraktor asal China, terowongan ini disebut sebagai terowongan pertama di ruas tol Indonesia. (Tribunnews.com/Ria Anatasia)

Kerja Lambat, Porsi Kerja Kontraktor China di Tol Cisumdawu Diambil Alih Kementerian PUPR

Tol Cisumdawu Ditargetkan Tuntas 2020, Seksi I, II, dan III Ditargetkan Tuntas Tahun Ini

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved