Makin Banyak Orang Sakit Jiwa, Kota Bandung Pun Butuh Rumah Sakit Jiwa

Kota Bandung membutuhkan rumah sakit jiwa karena selama ini rumah sakit jiwa yang ada

Makin Banyak Orang Sakit Jiwa, Kota Bandung Pun Butuh Rumah Sakit Jiwa
tribunjabar/syarif pulloh anwari
ODGJ di Cijaura, Buahbatu, Kota Bandung, Rabu (26/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kota Bandung membutuhkan rumah sakit jiwa karena selama ini rumah sakit jiwa yang ada milik pemerintah Provinsi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita, mengusulkan gedung bekas Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Jalan Astanaanyar, Kota Bandung dijadikan rumah sakit jiwa.

RSKIA di Jalan Astanaanyar segera dikosongkan akhir tahun 2019 dipindahkan ke gedung baru di Jalan Kopo yang memiliki 13 lantai.

"Bekas RSKIA Astanaanyar kalau tidak rumah sakit jiwa minimal klinik utama khusus jiwa," ujar Rita di kantornya, Rabu (21/08/2019).

Menurut Rita, Kota Bandung membutuhkan rumah sakit jiwa karena selama ini warga Kota Bandung berobat ke Rumah Sakit Jiwa milik provinsi di Cisarua, KBB.

"Rumah Sakit Jiwa yang semula di Jalan Riau 11, kini di jadikan klinik rawat jalan Graha Atma juga punya provinsi," ujarnya.

Saat disinggung kenapa harus dijadikan rumah sakit jiwa bekas gedung RSKIA, tidak dijadikan rumah sakit umum atau puskesmas, menurut Rita, pertama Kota Bandung belum punya rumah sakit jiwa.

Persib Bandung Cuma Menang 3 dari 15 Pertandingan, Ini Harapan Omid Nazari

Eno (70) bersama anaknya Sudrajat (32), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang dirantai akibat sering gaduh gelisah di kediamannya di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jumat (23/3/2018).
Eno (70) bersama anaknya Sudrajat (32), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang dirantai akibat sering gaduh gelisah di kediamannya di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jumat (23/3/2018). (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Kedua, rumah sakit umum sudah cukup banyak yaitu ada 28 Rumah Sakit Swasta dan 3 Rumah Sakit Vertikal dari Kementrian Kesehatan serta ditambah 78 Puskesmas.

"Kota Bandung butuh dan sudah harus mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan jiwa terkait banyak pasien kejiwaan," ujar Rita.

Halaman
1234
Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved