Ditemukan Cacing Hati pada Seekor Sapi dan Domba Kurban yang Disembelih di Masjid Raya Bandung

Petugas menemukan adanya cacing hati pada hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Ditemukan Cacing Hati pada Seekor Sapi dan Domba Kurban yang Disembelih di Masjid Raya Bandung
Tribun Jabar/Cipta Permana
Suasana penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tim pemeriksa daging kurban dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat dan Balai Inseminasi Buatan, Lembang menemukan adanya Cacing Hati pada hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Dokter hewan Dispangtan Kota Bandung, drh Risti Lestari mengatakan, cacing hati tersebut ditemukan pada seekor sapi dan domba atau kambing, sehingga sebagian hati yang terkontaminasi terpaksa di-apkir atau dibuang agar bagian lainnya tetap layak konsumsi.

"Dari sebanyak 10 ekor sapi dan 14 ekor domba yang telah disembelih, kami lakukan pemeriksaan dan ditemukan adanya cacing hati pada seekor sapi dan domba, yang kemudian terpaksa kami apkir setengahnya, jadi bagian yang lain masih aman. Temuan itu alhamdulillah bukan berasal dari sapi milik Pak Presiden atau Pak Gubernur, karena dari sapi-sapi itu semua organnya aman dan sehat, maka tidak ada yang kami apkir," ujarnya ditemui di lokasi penyembelihan hewan kurban Masjid Raya Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Dokter hewan Dispangtan Kota Bandung, drh Risti Lestari menjelaskan terkait temuan cacing hati pada seekor domba dan sapi yang telah disembelih, di lokasi penyembelihan hewan kurban Masjid Raya Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).
Dokter hewan Dispangtan Kota Bandung, drh Risti Lestari menjelaskan terkait temuan cacing hati pada seekor domba dan sapi yang telah disembelih, di lokasi penyembelihan hewan kurban Masjid Raya Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019). (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Risti menuturkan, temuan cacing hati ini dinilainya tidak akan berpengaruh terhadap kondisi daging dan organ tubuh lainnya, kecuali ditemukannya beberapa keganjilan, seperti pada bagian limpa terjadi pembengkakan atau berwarna gelap yang merupakan indikasi antrax, atau pada bagian paru-parunya ditemukan perkejuan atau saat dilakukan penyawatan organ tersebut berwarna kuning, yang merupakan tanda terjangkitnya penyakit zoonosis atau Tuberkulosis (TBC).

"Bila ditemukan demikian maka seluruh daging kurban tersebut tidak dapat dikonsumsi dan harus segera di kubur," ucapnya.

Panitia Kurban di Masjid Raya Bandung Sembelih 22 Hewan Kurban, Termasuk Sapi dari Jokowi dan Emil

Sebelumnya, Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menjadi lokasi yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menitipkan hewan kurbannya berupa sapi jenis limousin dengan bobot 980 kilogram.

Selain Jokowi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun menitipkan sapi kurbannya berjenis Simental yang memiliki bobot 600 kg, untuk kemudian seluruh daging dan organ lainnya dari kedua sapi tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat di berbagai pelosok Jawa Barat.

Sekitar Seribu Warga Menunggu Daging Kurban di Masjid Raya Bandung

135 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Desa Bodelor Cirebon, Puluhan Sapi dan Seratusan Domba

Di lokasi penyembelihan, tampak sejumlah warga sangat antusias untuk dapat menyaksikan sejumlah hewan kurban bertubuh besar milik para pejabat penting di tanah air untuk dikurbankan, khususnya anak-anak yang merasa penasaran dengan wujud dari sapi milik Jokowi yang merupakan sapi paling besar dari deretan sapi lainnya yang berada di Masjid Raya Bandung Provisi Jawa Barat. (Cipta Permana).

Ratusan Bobotoh Datangi Kantor PT PBB Kemarin, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar Angkat Bicara

Breaking News: Djadjang Nurdjaman Dipecat Persebaya Surabaya, Persib Bandung Didemo Bobotoh

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved