Apartemen untuk Buruh Peninggalan Gubernur Ahmad Heryawan yang Bersih, Rapi, dan Asri di Rancaekek

Apartemen transit Rancaekek di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek‎, Kabupaten Bandung, sudah empat tahun beroperasi.

Apartemen untuk Buruh Peninggalan Gubernur Ahmad Heryawan yang Bersih, Rapi, dan Asri di Rancaekek
Tribunjabar/Mega Nugraha
Apartemen untuk Buruh Peninggalan Gubernur Ahmad Heryawan yang Bersih, Rapi, dan Asri di Rancaekek 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

T‎RIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Apartemen transit Rancaekek di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek‎, Kabupaten Bandung, sudah empat tahun beroperasi. Pada 2015, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meresmikan apartemen dengan sistem sewa atau rusunawa itu.

Rusunawa ini dibangun pada 2010. Kini, apartemen itu sudah dihuni ratusan orang. Sejak awal dibangun, apartemen ini memang dikhususkan untuk para pekerja di kawasan Bandung Timur.

Tribun menyambangi apartemen itu pada Kamis (1/8/2019). Sejumlah penghuni tampak hilir mudik keluar masuk apartemen. Di pintu gerbang masuk, sejumlah petugas keamanan berjaga.

Apartemen itu terdiri atas enam gedung. Halaman gedungnya terdapat lapangan basket, futsal hingga voli. Pohon dengan dahan lebar tampak membuat teduh suasana.

Di sejumlah titik, terdapat sarana bermain anak. Sejumlah bocah tampak sedang bermain di arena bermain anak ditunggui orangtuanya. Mereka bermain perosotan hingga bermain ayunan di bawah pohon yang rindang.

Menghadapi Barito Putera, Persib Bandung Dipusingkan dengan Kondisi I Made Wirawan, Belum Sembuh

Satu gedung‎ terdiri atas lima lantai. Lantai 1 untuk mereka yang difable. Tribun menyusuri lorong-lorong setiap lantai. Suasananya asri dan bersih, tidak seperti apartemen yang dibangun pemerintah pada umumnya.

Pemandangan asri, bersih dan rapi juga tampak terlihat di halaman apartemen. Padahal, apartemen itu sudah dihuni lebih dari tiga tahun.

Satu lorong di apartemen untuk buruh peninggalan Gubernur Ahmad Heryawan di Rancaekek yang terlihat bersih
Satu lorong di apartemen untuk buruh peninggalan Gubernur Ahmad Heryawan di Rancaekek yang terlihat bersih (Tribunjabar/Mega Nugraha)

Informasi yang dihimpun di kantor pengelola, setiap ruangan apartemen ‎terdiri dari tipe unit 24. Tipe ini untuk lantai 1 dan 5 dengan biaya sewa Rp 215 ribu per bulan. Sedangkan untuk ruangan di lantai 2 dihargai Rp 245 ribu per bulan, lantai 3 Rp 235 ribu dan lantai 4 Rp 225 ribu.

Sedangkan untuk tipe 27, kamar di lantai 1 biaya sewanya Rp 225 ribu per bulan. Lantai 2 Rp 300 ribu per bulan, lantai 3 Rp 275 ribu, lantai 4 Rp 250 ribu dan lantai 5 Rp 225 ribu.

Target PBB Pemkab Cirebon Tahun 2019 Rp 42,5 Miliar, Hingga Kini Baru Rp 9 Miliar

"Semua kamarnya untuk pekerja. Tapi tidak boleh selamanya menetap, sistemnya sewa‎. Saat ini hunianya sudah penuh, semua yang menghuninya dari kalangan pekerja," ujar Dedi, kepala keamanan Apartemen Transit Rancaekek.

Menurut Dedi, setiap penghuni diwajibkan menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga, urusan kebersihan tidak hanya urusan pengelola.

"Saat ini yang menghuninya ada yang sudah berkeluarga ada juga yang belum berkeluarga," ujarnya. 

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved