Target PBB Pemkab Cirebon Tahun 2019 Rp 42,5 Miliar, Hingga Kini Baru Rp 9 Miliar

Pemkab Cirebon pada 2019 ini menargetkan jumlah pendapatan daerah sektor pajak bumi dan bangunan (PBB)

Target PBB Pemkab Cirebon Tahun 2019 Rp 42,5 Miliar, Hingga Kini Baru Rp 9 Miliar
pajak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkab Cirebon pada 2019 ini menargetkan jumlah pendapatan daerah sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) sebesar Rp 42,5 miliar dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengatakan, hingga saat ini Pemkab Cirebon baru menghimpun PBB sebanyak Rp 9 miliar atau 27 persen.

"Pembayaran PBB tersebut dilakukan pada tahap pertama di 2019 sejak diterbitkan SPPT bulan Maret 2019," kata Erus di Kantor Dispenda Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Kamis (1/8/2019).

Untuk pencapaian target sampai triwulan pertama, Kecamatan Pabuaran sebanyak 45,81 persen, Kecamatan Karangsembung 45,3 persen, Kecamatan Gegesik 42 persen, Kecamatan Weru 41 persen, Kecamatan Sedong 41,81 persen, Kecamatan Pabedilan 41 persen, dan Kecamatan Palimanan 40,81 persen.

Erus mengatakan, jumlah desa yang lunas untuk pembayaran PBB sebanyak 21 dari 15 kecamatan dan untuk PBB 2019 triwulan kedua, diharapkan agar mencapai target minimal 80 persen.

KPK Geledah Rumah Pribadi Iwa Karniwa, Semua Kamar Diperiksa, Lemari Pun Dibuka

"Sebelum jatuh tempo pada November, harus mendekati target," katanya.

Dari data Dispenda, beberapa kecamatan di Kabupaten Cirebon, yakni Kecamatan Ciwaringin, Panguragan, Kapetakan, dan Losari, hampir seluruh masyarakatnya membayar PBB saat mendekati waktu jatuh tempo.

Erus mengimbau, kepada seluruh perangkat desa, di seluru Kabupaten Cirebon harus aktif menyampaikan terkait PBB, karena pembayaran PBB saat ini sudah bisa dilakukan secara online.

"Masyarakat lebih dimudahkan dengan pelayanan online, bisa melalui indomaret, tokopedia, dan PPOB yang dibentuk di desa," katanya.

Persib Bandung Bawa 20 Pemain untuk Melawat ke Barito Putera, Rene Mihelic Enggak Dibawa

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved