Suasana Hari Pertama Sekolah di SD Muhammadiyah 7 dan SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung

Senin (15/7/2019) menjadi hari pertama sekolah bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di Kota Bandung untuk kembali

Suasana Hari Pertama Sekolah di SD Muhammadiyah 7 dan SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung
Tribunjabar/Cipta Permana
Para siswa baru SD Muhammadiyah 7 dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung mengikuti proses apel kegiatan MPLS hari pertama di lapangan sekolah, Jalan Kadipaten Raya, Antapani Bandung, Senin (15/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Senin (15/7/2019) menjadi hari pertama sekolah bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di Kota Bandung untuk kembali duduk di bangku sekolah pascalibur panjang hari raya Idulfitri 1940 H.

Di hari pertama ini, seluruh siswa baru di wajibkan untuk mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), yang diselenggarakan oleh para guru dan tenaga pendidik sebagai panitia di sekolahnya masing-masing.

Berdasarakan pantauan Tribun Jabar, di SD Muhammadiyah 7 Bandung, saat bel sekolah berbunyi, ratusan siswa baru mulai mengikuti kegiatan MPLS hari pertama di lapangan utama sekolah.

Dengan mengenakan seragam putih merah, mereka pun berbaris rapi sambil mengikuti jalannya apel dan arahan dari pihak Yayasan Muhammadiyah. Sementara para orang tua/wali murid yang mengantarkan pun masih mendampingi dan menyaksikan jalannya kegiatan dari kejauhan.

Meski telah berkumpul bersama teman-teman barunya, namun tampak beberapa siswa masih saja terus melihat ke bagian belakang atau tempat orang tua/wali muridnya menunggu, yang mengisyaratkan untuk enggan ditinggalkan.

Wakil Kepala SD Muhammadiyah 7 Bandung, Yaser Arafat mengatakan, perasaan cemas yabg dialami para siswa baru menjadi pemandangan wajar dalam setiap hari pertama tahun ajaran baru, sebab mereka harus mengenal lingkungan dan teman-teman baru selain di lingkungan sekolah sebelumnya atau taman kanak-kanak.

SMKN 1 Garut Jamin Tak Ada Perpeloncoan, Sekarang Lebih Milenial dan Mendidik

Terlebih pada tahun ini jumlah siswa baru mencapai 179 peserta didik yang terbagi dalam enam kelas.

"Alhamdulillah, penyelenggaraan hari pertama MPLS di SD Muhammadiyah 7 Bandung berjalan lancar, meski kegiatan baru di mulai pukul 07.00 WIB, tapi sekitar 10-15 siswa dan orang tuanya ada yang datang pagi banget dari jam 06.00 WIB karena mungkin takut tidak kebagian kelas atau terlalu semangat, padahal semua siswa yang diterima sudah kami sesuaikan dengan jumlah bangku yang ada," ujarnya saat ditemui di lapangan sekolah SD Muhammadiyah 7 Bandung, Jalan Kadipaten Raya, Antapani Bandung, Senin (15/7/2019).

SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung
SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung (Tribunjabar/Cipta Permana)

Selain siswa yang datang terlampau pagi, menurutnya ada juga beberapa siswa yang datang terlampau siang, sehingga mengikuti MPLS hampir penghujung kegiatan.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved