PT Bintang Toedjoe Ajak Ibu PKK dan Pondok Pesantren Bermitra, Bagikan Bibit Jahe Merah

Hal ini membuat PT Bintang Toedjoe berinisiatif untuk mengembangkan jahe merah di Jawa Barat dan akan dieskpor ke negara lainnya.

PT Bintang Toedjoe Ajak Ibu PKK dan Pondok Pesantren Bermitra, Bagikan Bibit Jahe Merah
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Pembagian bibit jahe merah di halaman di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Dipenogoro No 22, Jumat (3/5/219). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Sebagai perusahaan farmasi, PT Bintang Toedjoe memanfaatkan tanaman herbal sebagai racikan produknya.

Didirikan pada 29 April 1946 di Garut, PT Bintang Toedjoe justru mengambil ekstrak jahe merah dari Cina, dan ternyata Cina melakukan ekstrak dari Indonesia.

Hal ini membuat PT Bintang Toedjoe berinisiatif untuk mengembangkan jahe merah di Jawa Barat dan akan dieskpor ke negara lainnya.

Head of Marketing dan PR PT Bintang Toedjoe, Sumarwoto mengatakan saat itu pihaknya hanya tahu informasi jika ekstrak jahe merah ada di Cina.

Untuk mengembangkan bahan herbal ini, PT Bintang Toedjoe membuat Lomba Taman Herbal yang kini mulai dibawa ke Jawa Barat.

"Oleh karena itu kami mengajak ibu-ibu PKK Jabar dan pondok pesantren Jabar untuk berpartner menanam jahe merah, " ujar Sumarwoto saat ditemui di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Dipenogoro No 22, Jumat (3/5/219).

PT Bintang Toedjoe Siapkan Destinasi Wisata Taman Herbal Tebesar di Indonesia

Bintang Toedjoe Bersama TP PKK dan Pemprov Matangkan Program Taman Herbal Bejo Jahe Merah di Jabar

Untuk menanam jahe merah ini, Sumarwoto menjelaskan jika modal yang dibutuhkan cukup simple tak harus memiliki lahan yang luas.

"Kami tidak butuh lahan, kami fasilitasi dengan polibag sebagai media tanamannya, bibit jahe merah, dan hormon pupuk, " ujarnya.

Melalui bibit gratis yang dibagikan ini, Sumarwoto berharap masyarakat bisa memiliki manfaatnya secara terus menerus.

Ditemui di lokasi serupa, supervisor agronomi PT Bintang Toedjoe, Patricia mengatakan sinergi lewat lomba Taman Herbal Bejo ini diharapkan bisa mensupply jahe merah kepada Bintang Toedjoe.

"Kami harap Jabar bisa menghasilkan jahe merah terbaik karena saat ini Jabar belum ada yang bekerja sama dengan kami, " ujar Patricia.

Selain bisa dijual ke Bintang Toedjoe, Patricia juga memberikan ide jika jahe merah bisa dikreasikan sesuai kreativitas misalnya saja dijual dengan kemasan kecil dengan bentuk serbuk atau bisa juga diolah menjadi permen jahe.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved