Lagi, Petugas Pemilu 2019 Masuk Rumah Sakit, Dirawat di RSUD Cibabat Cimahi

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Cimahi, Ganjar Kosasih (55) yang harus mendapat perawatan di Intensif Care Unit (ICU) di RSUD Cibabat Cimahi

Lagi, Petugas Pemilu 2019 Masuk Rumah Sakit, Dirawat di RSUD Cibabat Cimahi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Cimahi Ganjar Kosasih saat dijenguk ASN Pemkot Cimahi di RSUD Cibabat, Kamis (25/4/2019). Ia masuk rumah sakit karena kelelahan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi kembali merawat petugas penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 karena jatuh sakit setelah menjalankan tugasnya.

Kali ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Cimahi, Ganjar Kosasih (55) yang harus mendapat perawatan di Intensif Care Unit (ICU) di RSUD Cibabat Cimahi, sejak Rabu (24/4/2019) pagi.

Warga Jalan Margaluyu RT 02/02 Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, itu mengalami kelelahan saat bertugas merekapitulasi surat suara Pilpres 2019 dan Pileg 2019.

Saar ditemui di RSUD Cibabat, Kamis (25/4/2019), Ganjar Kosasih masih terbaring lemah di ruang ICU bahkan selang alat bantu pernafasan pun masih terpasang dihidungnya.

"Saya kelelahan, awalnya pada hari Selasa saya masih bertugas melakukan penghitungan suara di Gor Sangkuriang khusus PPS Kelurahan Cimahi. Jumlahnya mencapai 38 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pulang ke rumahnya sekitar pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Kapolda Jabar Serahkan Santunan kepada Keluarga Aipda M Saepudin, Petugas Pengamanan Pemilu 2019

Kelelahan, Tiga Petugas Pemilu 2019 Kecamatan Panyileukan Bandung Diarikan ke Rumah Sakit

Keesokan harinya pada Rabu (24/4/2019), tepatnya saat akan pergi lagi ke Gor Sangkuriang, ia langsung merasakan pusing, sesak nafas, bahkan sempat tidak bisa berjalan, sehingga langsung dibawa ke RSUD Cibabat oleh keluarganya.

"Tugas pada Pemilu kali ini sangat berat, karena dilakukan seraca serentak dan sebelum pelaksanaan pemungutan dan penghitungan surat suara juga semua anggota sudah bekerja keras," katanya.

Sebelum pelaksanaan pemungutan suara, kata dia, petugas PPS harus mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) secara roadshow bagi 38 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Cimahi.

"Sejak tahun 2009 saya sudah jadi pengawas, lalu pada tahun 2014 baru di PPS. Tapi tahun ini lebih berat, pulang juga tiap hari jam 11 atau 12 malam," katanya.

Selain Ganjar, ada dua penyelenggara Pemilu lainnya yang sempat dirawat di RSUD Cibabat, yakni Rahmdan Suryanata (28) dari KPPS di Kelurahan Cipageran dan Mia Rosmiati (35) dari KPPS di Kelurahan Citeureup.

Keduanya sudah diperbolehkan pulang karena kondisi mereka sudah membaik.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved