Lava Tour Gunung Merapi, dari Batu Alien hingga Bunker Kaliadem, Rombongan Tak Boleh Terpisah

Erupsi besar Gunung Merapi pada 2010 membuat sisi selatan yang diterjang pasir mengubah desa di bawahnya menjadi lautan pasir yang luas.

Lava Tour Gunung Merapi, dari Batu Alien hingga Bunker Kaliadem, Rombongan Tak Boleh Terpisah
Tribunjabar/Putri Puspita Nilawati
Bunker Kaliadem 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, YOGYAKARTA - Erupsi besar Gunung Merapi pada 2010 membuat sisi selatan yang diterjang pasir mengubah desa di bawahnya menjadi lautan pasir yang luas.

Kejadian besar yang meninggalkan banyak kesedihan ini sudah tak lagi dirasakan. Kini kawasan Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman ini telah berubah menjadi tempat wisata yang menarik.

Adalah lava tour merapi, yaitu sebuah wisata petualangan yang menunjukkan berbagai lokasi menarik dan meninggalkan sejarah.

Untuk bisa menikmati lava tour merapi ini, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan mobil jeep dan melewati area bebatuan besar.

Tribun Jabar mengikuti lava tour merapi dan mengunjungi beberapa lokasi yang bersejarah, di antaranya Bunker Kaliadem, Batu Alien, Mini Museum Sisa Hartaku.

Bunker Kaliadem merupakan lokasi pertama yang dikunjungi. Driver jeep lava tour merapi, Indarto mengatakan sebelum terjadi erupsi kawasan ini adalah hutan namun kini telah berubah menjadi pasir.

Di area belakangnya, Anda bisa melihat indahnya Gunung Merapi yang terlihat begitu jelas. Di bagian bawah kaki gunung ini terdapat bunker yang ukurannya cukup luas.

Bunker ini digunakan untuk menyelamatkan diri ketika Gunung Merapi erupsi.

Mangkir dari Panggilan Jaksa KPK, James Riady akan Dipanggil Kembali pada Sidang Berikutnya

"Di dalam bunker ini pernah ada dua relawan yang meninggal. Salah satunya berada di bak mandi. Mereka meninggal karena saat merapi meluncurkan awan panas dan mereka menyelamatkan diri di sana," ujar Indarto, Selasa (29/1/2019).

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved