Perusahaan Jasa Logistik Makin Dibutuhkan dan Kian Strategis

Presiden Direktur JNE, M Feriadi, tahun ini bisnis logistik diprediksi tumbuh sekitar 15 persen dibanding tahun sebelumnya (year on year).

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Seorang pegawai sedang melayani konsumen yang akan mengirimkan dokumen di Kantor JNE Express Agen Martanegara, Jalan Martanegara, Kota Bandung, Jumat (12/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

‎‎TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG ‎- Bertumbuhnya teknologi digital yang dikembangkan melalui berbagai platform berdampak kepada meningkatnya bisnis daring yang digerakkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Seperti efek domino, ini juga berimbas terhadap meningkatnya jumlah pengiriman jasa ekspedisi logistik.

Keberadaan perusahaan jasa logistik, tak dipungkiri kian dibutuhkan, baik oleh produsen maupun konsumen.

Menurut pengamat ekonomi Aldrin Herwany, keberadaan perusahaan jasa logisitk semakin dibutuhkan saat ini.

Perannya yang sangat sentral untuk menyatukan produsen dengan konsumen di berbagai penjuru Tanah Air, membuat perusahaan jasa logisitk turut memberikan peran dalam pertumbuhan ekonomi.

"Baik perusahaan logisitik BUMN maupun swasta, perannya akan sangat membantu untuk mempertemukan kebutuhan konsumen dengan produsen," kata Aldrin kepada tribunjabar.id, Jumat (12/10/2018).

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung ini mengatakan bahwa bertumbuhnya perusahaan jasa logistik swasta, harus disikapi positif, terutama bagi perusahaan logistik BUMN. Sebab, pada ujungnya, kepercayaan konsumen akan bertumpu kepada kualitas perusahaan jasa logistik itu sendiri.

"Perusahaan jasa logistik yang dibidik masyarakat tentunya yang memiliki kualitas ketepatan waktu dan mampu membawa amanat yang dipercayakan konsumen, yaitu barang yang dikirimkan," katanya.

Aldrin tidak menampik jika perusahaan jasa logistik swasta terus tumbuh dan makin diminati masyarakat. Hal ini, menurutnya, akan turut memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

"Karena itu pula keberadaan perusahaan ekspedisi ini menjadi sangat strategis," katanya.

Pernyataan Aldrin memang sesuai dengan kondisi saat ini dimana kuantitas pengiriman barang oleh perusahaan logistik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Presiden Direktur JNE, M Feriadi, tahun ini bisnis logistik diprediksi tumbuh sekitar 15 persen dibanding tahun sebelumnya (year on year).

Namun Feriadi menekankan bahwa pertumbuhan bisnis logistik akan jauh lebih baik jika disertai pembangunan infrastruktur yang masif oleh pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved