Breaking News:

Tribun Health

Benarkah Lemon dan Madu Lebih Efektif Atasi Batuk?

Banyak orang percaya bahwa campuran perasan jeruk lemon dan madu jauh lebih efektif mengatasi. . .

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Meski belum ada penelitian secara medis, namun kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis mampu mengurangi gejala batuk. 

TRIBUNJABAR.ID - Banyak orang percaya bahwa campuran perasan jeruk lemon dan madu jauh lebih efektif mengatasi batuk ketimbang obat-obatan kimia.

Benarkah? Jangan-jangan, cuma mitos.

Dalam situs National Health Service (NHS) Inggris, disebutkan bahwa sebenarnya hanya sedikit bukti ilmiah mengenai efektivitas obat batuk.

Meski demikian beberapa kandungan dalam obat batuk memang mengurangi gejala yang mengganggu, misalnya menurunkan demam atau mengatasi hidung tersumbat.

Para ahli di NHS justru merekomendasikan penggunaan "obat" sederhana dan murah seperti memakai madu dan jeruk lemon untuk mengobati batuk yang sebentar.

"Tidak ada cara yang cepat untuk menyingkirkan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit seperti ini biasanya akan hilang setelah sistem imun melawan virusnya," tulis para ahli di situs tersebut seperti dilansir kompas.com.

Meski untuk batuk yang sebentar lebih disarankan memakai bahan-bahan alami, i untuk batuk yang berlangsung cukup lama tetap direkomendasikan berobat ke dokter.

"Jika batuk bertahan lama, misalnya lebih dari seminggu, diderita anak, atau batuk mengeluarkan darah, menyebabkan napas sesak, atau disertai demam tinggi, segera periksakan ke dokter," katanya.

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved