135 Hektar Sawah Gagal Panen Akibat Terendam Banjir Sungai Cikidang dan Citanduy

Dalam kejadian tersebut dilaporkan tidak ada korban jiwa, tetapi sejumlah warga harus diungsikan karena ketinggian air mencapai satu meter.

135 Hektar Sawah Gagal Panen Akibat Terendam Banjir Sungai Cikidang dan Citanduy
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Sejumlah anak tengah bermain di depan rumah yang terendam luapan sungai Citanduy dan Cikidang di Dusun Bojongsonban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (23/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Curah hujan yang tinggi yang terjadi pada Kamis (22/2/2018) siang hingga malam kemarin mengakibatkan aliran Sungai Citanduy dan Cikidang yang berada di Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya meluap pada Jumat (23/2/2018)

Akibatnya, sejumlah rumah di Dusun Hegarsari dan Dusun Bojongsoban, Desa Tanjungsari, terendam luapan kedua sungai tersebut.

Dalam kejadian tersebut dilaporkan tidak ada korban jiwa, tetapi sejumlah warga harus diungsikan karena ketinggian air mencapai satu meter.

Seorang warga Dusun Bojongsoban yang rumahnya terendam banjir, Lili (45) mengatakan, luapan air mulai menggenangi rumahnya sejak pukul 05.00 WIB, Jumat (23/2/2018) pagi tadi.

"Ketinggian air bisa sampai dada orang dewasa, dan beberapa rumah, airnya hanya sampai paha orang dewasa," ujarnya saat ditemui dilokasi, Jumat Siang.

Baca: Sudah Dibangun Tol Air, Mengapa Pagarsih Tetap Banjir, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Lili yang harus mengungsi ke rumah saudaranya menceritakan, saat air mulai masuk ke rumahnya hanya mampu berupaya menyelamatkan diri dan tidak bisa menyelematkan barangnya.

"Saat kejadian kami meninggalkan barang karena semuanya terendam banjir tidak bisa diselamatkan. Barang yang hanyut mulai dari kasur, televisi, lemari pakaian dan pakaian pun hanya yang menempel di badan," katanya.

Selain rumah warga, luapan air sungai Citanduy dan Cikidang ini merendam dua sekolah yakni SD Negeri Bojongsoban dan MTs Darul Hikmah, akibatnya para siswa terpaksa diliburkan.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved