XL Axiata Gelar “Youth Leadership Camp 2017” untuk Pelajar SMA/SMK

Program yang mendapatkan dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia ini akan melibatkan total 300 pelajar.

XL Axiata Gelar “Youth Leadership Camp 2017” untuk Pelajar SMA/SMK
Istimewa

TRIBUNJABAR.CO.ID, YOGYAKARTA- Generasi muda yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat merupakan modal untuk membangun masa depan Indonesia.

Pelajar usia belasan tahun rentan terhadap berbagai pengaruh produk teknologi di era digital saat ini.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyelenggarakan Program “Youth Leadership Camp 2017” di 3 kota (Yogyakarta, Semarang dan Jakarta), yang bertujuan membentuk karakter kepemimpinan para pelajar tingkat SMA/SMK yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital secara positif.

Program yang mendapatkan dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia ini akan melibatkan total 300 pelajar.


Kepala Seksi Penyelarasan Kejuruan DitPSMK Saryadi, ST. MBA, Kasi Program Direktorat Pembinaan SMS Muamar Surawidarto, SE,. MBA dan Chief of Corporate Affairs Officer XL Axiata, Eka B. Danuwirana membuka program ini di Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (28/7/2017).

Eka B. Danuwirana mengatakan, “Tujuan utama dari program ini adalah memperbesar kontribusi XL Axiata dalam membantu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan membentuk generasi muda yang berkarakter di lingkungan pelajar tingkat SMA/SMK. Kami melihat, kepemimpinan merupakan bekal bagi para siswa untuk berkehidupan di masyarakat nantinya. Melalui program ini juga diharapkan dapat mengatasi kekhawatiran akan pengaruh radikalisme serta intoleransi di kalangan pelajar tingkat SMA/SMK, sehingga kami menganggap perlunya suatu program yang dapat menumbuhkan dan menguatkan karakter para siswa.”

Eka menambahkan Program “XL Youth Leadership Camp 2017” merupakan program pengembangan kepemimpinan yang bertujuan membantu para pelajar untuk mempersiapkan keterampilan inovatif yang harus dimiliki pemimpin muda di masa depan.

Menurutnya, program ini juga merupakan respon atas berbagai isu yang menerpa dunia pendidikan Indonesia, antara lain sikap radikalisme, tidak saling menghormati sesama termasuk Perundungan, yang sebagian di antaranya terbentuk karena salah dalam memanfaatkan sarana digital.

Anak-anak muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat akan mampu memanfaatkan teknologi secara positif dan menghindarkan pengaruh negatif darinya.

Program “XL Youth Leadership Camp” akan berlangsung selama 2 hari 1 malam, dalam bentuk pelatihan kepemimpinan (leadership workshop) yang dikemas secara interaktif dan menyenangkan dalam bentuk permainan (games).

Materi pelatihan bersifat penguatan kapasitas kepemimpinan dengan fokus pada kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, berkomunikasi yang efektif, digital team work, pemecahan masalah, outdoor team work dan emotional intelligence, serta etika berinternet dan Social Media 101.

Dari program ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif membentuk cara berpikir kritis dan kreatif dengan cara yang lebih praktis dan sistematis, serta melatih kemampuan mencari solusi dengan cara berpikir efektif, terstruktur dan sistematis.

Selain itu, peserta juga akan mampu memperkenalkan dan membiasakan penggunaan teknologi digital untuk efektitas kerja tim, dan meningkatkan kemampuan riset dengan memanfaatkan teknologi digital.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved