Ini Tindakan yang Harus Dilakukan Sekolah Terhadap Pembully

Bullying yang kembali ramai diperbincangkan beberapa hari kebelakang karena video pembullyan di Universitas Gunadarma terhadap . . .

Ini Tindakan yang Harus Dilakukan Sekolah Terhadap Pembully
TRIBUNJABAR.CO.ID/FERRY FADHLURRAHMAN
Dr Ihsana Sabriani Borualogo, Kepala Program Magister Psikologi Universitas Islam Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Penindakan terhadap pelaku bullying diharapkan dapat memberikan sanksi yang tegas dan berat agar dapat menimbulkan efek jera.

Hali itu dikatakan Dr Ihsana Sabriani Burualogo, Kepala Program Magister Psikologi Profesi Universitas Islam Bandung kepada Tribun Jabar, Rabu (19/7/2017).

Bullying yang kembali ramai diperbincangkan beberapa hari kebelakang karena video pembullyan di Universitas Gunadarma terhadap mahasiswa difabel di Depok dan peraliku agresif siswi SMP terhadap temannya di Jakarta.


Perilaku tersebut, kata Ihsana, dinilai perilaku yang tidak layak dilakukan, dan pelakunya harus diberikan hukuman yang berat.

"Sekolah kalau memecat siswa pun nggak apa-apa, agar pelaku bullying lebih memikirkan masa depannya bagaimana dan ada efek jera" katanya.

Hukuman berupa pemecatan tersebut diprediksi akan menimbulkan rasa sesal dan jera dari pelaku hingga akhirnya tidak akan mengulangi hal yang sama lagi.

"Nanti dia berpikir, nanti masa depannya seperti apa, pergi ke sekolah manapun agak susah soalnya sudah mendapat blacklist jadi pelaku benar-benar memikirkan apa konsekuensi dari perilakunya," ujarnya.

Namun, Ihsana juga tidak menampik akan kemungkinan buruk akan pemecatan siswa dari sekolah. Kemungkinan siswa akan merasa ditinggalkan dan juga malah memperparah perilaku tersebut.

"Iya itu bisa terjadi," ucapnya. (*)

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved