Lihat Videonya di Sini! Ridwan Kamil Mendadak Jadi Dalang Wayang Golek

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menadi dalang wayang golek dadakan di sela acaranya menemui komunitas seniman di Jelekong

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yudha Maulana

BALEENDAH, TRIBUNJABAR.CO.ID - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menadi dalang wayang golek dadakan di sela acaranya menemui komunitas seniman di Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung pada Minggu (28/5/2017).

Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menguatkan konsep Bandung Masagi atau pendidikan karakter berdasarkan kearifan adat Sunda.

Menurut Emil, pada 2017 ini di Kota Bandung akan dibangun pusat budaya di Cibiru, di samping melakukan perayaan tahun budaya Sunda dengan mengumpulkan para seniman pada Oktober nanti. "Bandung Masagi itu di dalamnya ada pendidikan budaya, agama, lingkungan dan bela negara," kata Emil di Padepokan Giri Harja, Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Rencananya, Emil akan menggunakan media wayang untuk menangkal konten negatif yang berpotensi muncul dari perkembangan teknologi. Emil akan menghadirkan pertunjukkan wayang seminggu tiga kali di tempat yang berbeda dengan audiens anak-anak sekolah dasar (SD).

Wali Kota Bandung itu khawatir dengan gelombang informasi negatif yang tak ada pembandingnya. "Dengan rencana itu insya Allah itu, budaya wayang juga bisa kita pertahankan, saya punya ketentraman anak di Bandung bisa dibentengi dengan program nonton wayang," kata Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil juga mencoba menjadi dalang dadakan di Padepokan Giri Harja. Dengan memainkan tokoh Gatot Kaca dan Arjuna, ia menyampaikan pesan mengenai ibadah puasa Ramadan.(dam)

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved