Pijatan Puting Payudara Bisa Mempercepat Proses Persalinan? Bunda Harus Baca Ini!

Jika bayi anda telah lahir. Hormon oksitosin ini sangat penting agar dapat mengembalikan rahim anda pada bentuk sebelum anda. . .

NET
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.CO.ID --- Terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan agar proses persalinan lebih cepat terjadi. Salah satunya yaitu dengan cara menstimulasi atau merangsang puting pada payudara anda.

Dikutip bidanku.com, cara ini diyakini oleh banyak orang mampu mempercepat persainan. Nipple stimulation atau stimulasi puting ialah memijit, menggosok serta melakukan beberapa gerakan melingkar pada daerah puting payudara anda dengan sangat lembut yang sudah diyakini dapat membantu mendorong agar terjadi kontraksi yang awal.

Menurut teori, payudara yang telah dirangsang dapat melepaskan hormon seperti oksitosin yang bisa membuat kontraksi.

Jika bayi anda telah lahir. Hormon oksitosin ini sangat penting agar dapat mengembalikan rahim anda pada bentuk sebelum anda hamil.

Hormon oksitosin yang telah dilepaskan tersebut dapat merangsang kembali kontraksi dan membuatnya semakin kuat, sebab banyak wanita hamil yang sangat khawatir harus melahirkan bayi prematur jika ia mendapatkan rangsangan pada putingnya ketika masih hamil.

Perubahan hormon tersebut diperkirakan akan terjadi selama beberapa tahap kehamilan yang akhir, dan dapat membantu rahim anda menjadi semakin sensitif pada oksitosin, yang pada akhirnya akan menyebabkan peningkatan secara bertahap di dalam kontraksi braxton hick atau olahraga rahim.

Meski begitu stimulasi puting pada payudara ini tidak dapat dilakukan pada kehamilan yang memiliki resiko tinggi demi keamanan ibu dan bayinya.

Stimulasi pada puting ini hanya bisa dilakukan bagi wanita dengan kehamilan yang normal. Kegiatan stimulasi ini sama seperti melakukan stimulasi ketika anda sedang menyusui bayi, yaitu dengan memiljat semua daerah gelap pada sekitar puting (areola) anda, hal tersebut tidak hanya dengan cara memuntir puting saja.

Namun anda dapat menempelkan kedua telapak tangan anda tepat di atas daerah gelap pada sekitar puting kemudian bergerak dengan gerakan melingkar serta berikan tekanan yang lembut.

Kemungkinan besar hal ini harus dilakukan dalam waktu yang cukup panjang agar dapat merangsang payudara anda.

Halaman
12
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved