Masa Orientasi Siswa Baru

Komisi Perlindungan Anak Sayangkan Masih Ada Pembentakan di MPLS

KOMISI Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bandung menyayangkan...

Penulis: dra | Editor: Dicky Fadiar Djuhud
TRIBUN JABAR / DONY INDRA RAMADAN
Ketua KPAD Andri Mochamad 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dony Indra Ramadan

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bandung menyayangkan masih adanya tindakan-tindakan bentakan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kota Bandung.

"Kalau dibentak akan menimbulkan dampak psikologis kepada anak," ujar Ketua KPAD Kota Bandung, Andri Mochamad kepada Tribun saat ditemui disela-sela monitoring pelaksanaan MPLS di SMPN 9 Bandung, Jalan Semar, Kota Bandung, Rabu (29/7/2015).

Andri mengatakan, jika memang ada pelanggaran yang dilakukan oleh peserta MPLS, ada baiknya panitia MPLS dari osis tidak semena-mena melakukan teguran bernada keras kepada peserta.

"Ada cara yang lebih edukatif dalam memberikan teguran. Makanya pihak sekolah harus memberikan arahan-arahan yang jelas kepada panitia agar tidak ada tindakan yang negatif," katanya.

Andri mengatakan, dalam kegiatan MPLS ini diduga masih ada unsur kekerasan yang dilakukan terhadap peserta.

Menurutnya, kekerasan bisa berupa kekerasan fisik dan juga kekerasan psikis yang dilakukan terhadap peserta yang notabene masih dalam kategori anak.

Kekerasan terhadap anak disekolah, kilah Andri, sudah tercantum dalam undang-undang perlindungan anak nomor 35 yahun 2015 tentang perlindungan anak dilingkungan pendidikan.

"Kami berharap terutama pihak sekolah memonitoring terus dan bertanggung jawab agar pelaksanaan MPLS berjalan baik. Kalau ada, tentu pelaksanaan MPLS perlu dievaluasi," katanya. (*) 

//

KONON BANYAK YANG TAK SADAR, KALAU FB KITA KENA HACK. BEGINI CARA MENGETAHUINYA . . .http://bit.ly/1JsC8gr

Posted by Tribun Jabar Online on Tuesday, July 28, 2015
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved