Pendaftar 3.000, Butuhnya 500 Orang, KPU Garut Segera Sorlip 9.668.000 Lembar Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, telah membuka pendaftaran petugas sortir dan lipat (Sorlip) kertas suara pemilu 2019

Pendaftar 3.000, Butuhnya 500 Orang, KPU Garut Segera Sorlip 9.668.000 Lembar Surat Suara
tribunjabar/haryanto
Sejumlah petugas tengah menyortir dan melipat surat suara di GOR Purnawarman, Sindangkasih, Purwakarta, Selasa (6/3/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, telah membuka pendaftaran petugas sortir dan lipat (Sorlip) kertas suara pemilu 2019. Pelipatan surat suara akan dilaksanakan pada 10 Maret 2019 di Gedung Mandala Garut.

Ketua KPU Garut, Junaidin Basri, mengatakan pihaknya membutuhkan tenaga pelipat sebanyak 500 orang. Nantinya para petugas pelipat akan menyortir dan melipat 9 jutan kertas suara.

"Totalnya ada 9.668.000 surat suara yang harus dilipat. Makanya kami membutuhkan petugas yang banyak," ujar Junaidin, Kamis (7/3/2019).

Hingga kini warga yang mendaftar pelipat kertas suara Pemilu 2019 cukup membludak. Idealnya jumlah yang dibutuhkan hanya 500 orang.

"Namun yang mendaftar hingga saat ini sudah mencapai 3.000 orang. Kami harus menyesuaikan dengan anggaran yang ada," ucapnya.

Anggaran yang disediakan untuk pelipatan kertas suara adalah Rp 150 juta. Upah untuk pelipatan kertas suara sendiri terbilang minim.

"Untuk melipat satu kertas mereka dibayar Rp 75. Istilahnya bukan upah tapi premi (biaya yang wajib dikeluarkan), karena kalau disebut upah tentu jumlahnya kurang layak," katanya.

Rindu Bonek Terbayar, Satu Tribun dengan Bobotoh di Jalak Harupat, Persebaya Taklukkan Persib

Petugas juga harus melakukan sorti kertas suara yang terdapat cacat. Jangan sampai ada surat suara yang rusak terdistribusikan.

"Setelah dilipat nanti akan dimasukkan ke dalam kotak suara. Isinya berkapasitas 500 kertas suara," ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah surat suara di Garut memang cukup banyak. Setiap surat suara disesuaikan dengan jumlah pemilih ditambah surat suara tambahan dan cadangan.

"Setiap surat suara ada 1,9 juta. Pemilihannya kan ada untuk Capres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten," katanya.


Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved