2.000 Pengangguran akan Ikuti Pelatihan SDC di BLK Lembang, Langsung Ditempatkan Kerja

Pemkab Bandung Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memiliki program skill development center (SDC) dengan mengikutsertakan

2.000 Pengangguran akan Ikuti Pelatihan SDC di BLK Lembang, Langsung Ditempatkan Kerja
shutterstock
Pengangguran 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Pemkab Bandung Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memiliki program skill development center (SDC) dengan mengikutsertakan sebanyak 2.000 orang pengangguran pada Mei mendatang.

Kasubdit Kesempatan Kerja pada Direktorat Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Muhammad Iqbal Abbas mengatakan melalui program ini nantinya para pengangguran itu mendapatkan pelatihan, sertifikat, dan langsung ditempatkan kerja.

"Tapi sebelum itu kami akan bahas bersama Disnakertrans KBB dan Kementerian Perdagangan juga Apindo," katanya di Kantor Disnakertrans KBB, Senin (18/2/2019).

Keberadaan Apindo dalam penempatan pekerjaan pun, lanjut Iqbal, ialah karena memang perusahaan atau industri kerja yang nantinya menggunakan jasa para peserta pelatihan tersebut, mulai skill hingga segal hal apapun yang dibutuhkan perusahaan.

"Saat ini antara pengangguran yang ikut pelatihan dengan jumlah pengangguran itu sendiri tak seimbang. Ada 24.866 orang jumlah pengangguran di KBB. Tapi, pelatihan SDC ini akan dilakukan terus-menerus secara bertahap," ujarnya.

Iqbal juga menyebut bahwa Bandung Barat termasuk wilayah percontohan dalam proyek SDC ini, selain enam daerah lainnya di Indonesia. Dia juga menegaskan bahwa KBB menjadi daerah yang memang serius untuk jalankan program SDC dengan tujuan mengurangi pengangguran.

Dikabarkan Gabung Persib Bandung, Instagram Pemain Timnas Pakistan Diserbu Bobotoh

Kesempatan yang sama, Kepala Disnakertrans KBB, Iing Solihin mengatakan tingkat pengangguran di Bandung Barat yang lulusan SD dan SMP sebanyak 7 persen yang masuk di dalam 2.000 orang peserta pelatihan SDC. Nantinya, mereka akan mendapatkan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang.


"Tentu nanti perusahaan akan mengambil yang lulusan SMA ke atas. Jadi, lulusan SD dan SMP ini diarahkannya ke pelatihan wirausaha di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan, agar tercipta wirausaha baru yang dapat membula lapangan pekerjaan baru," kata Iing.

Iing juga menegaskan bahwa SDC ini diharapkan mampu menjadi gebrakan pemerintah daerah dalam meningkatkan partisipasi angkatan kerja dari pendekatan bottom up.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved