Curah Hujan Masih Tinggi, Longsoran Kecil dari Proyek Pembangunan Perumahan Cireundeu Kerap Terjadi

Hal itu dikarenakan pembangunan perumahan tersebut berada di RW 10 atau tepatnya berada diatas pemukiman warga Kampung Cibogo RW 17 dan lokasi pembang

Curah Hujan Masih Tinggi, Longsoran Kecil dari Proyek Pembangunan Perumahan Cireundeu Kerap Terjadi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi di lahan pembangunan Kompleks Perumahan Griya Asri Cireundeu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Adanya pembangunan Griya Asri Cireundeu masih menyisakan kekhawatiran warga RW 17, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Warga khawatir turunnya hujan besar, akan menyebabkan longsoran kecil.

Hal itu dikarenakan pembangunan perumahan tersebut berada di RW 10 atau tepatnya berada diatas pemukiman warga Kampung Cibogo RW 17 dan lokasi pembanguan perumahan merupakan pembatas antara kedua RW tersebut.

Ketua RT 17 Kelurahan Leuwigajah, Asep Hermawan, mengatakan bahwa khusus di RW 17 sendiri ada sekitar 500 KK yang paling dekat berada di bawah dan berbatasan dengan proyek pembangunan tersebut.

"Wilayah yang paling dekat itu yakni RT 01, 02, dan 04. Ketakutan warga akibat dari dampak pembangunan itu adalah longsor. Bahkan, sekarang ini mulai ada longsoran batu kecil apabila hujan besar tiba," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (12/2/2019).

Sidang Kasus Haringga Sirla Berlanjut, Seorang Terdakwa Protes Sebelum Sidang Berakhir

Persija Jakarta Gagal ke Liga Champions Asia, Kalah 1-3 dari Gol Newcastle Jets di Kualifikasi

Gaes, Lihat Nih Serunya Freestyle Motor di Mapolres Cimahi [VIDEO]

Selain itu, kata dia, serapan air juga dipastikan berkurang karena lahan yang tadinya Ruang Terbuka Hijau (RTH) kini beralih fungsi menjadi perumahan, sehingga pekerjaan fisik itu bisa menyebabkan longsor.

"Itu pun sudah ada longsoran longsoran batu dan nantinya aliran permukaan erosi, tanah yang terkikis juga bisa terbawa aliran air," kata Asep.

Pihaknya bersama warga yang lainnya juga mempertanyakan pihak pengembang yang dianggap tidak pernah melibatkan warga RW 17 dalam sosialisasi pembangunan perumahan tersebut secara formal.

Sejak pembangunan perumahan Griya Asri Cireundeu pada awal tahun 2018, kata Asep, pihaknya belum pernah sekalipun menerima undangan sosialisasi dari pihak pengembang.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved