Penuhi Informasi Pilih Program Studi dan Perguruan Tinggi, SMAN 3 Bandung Gelar Edu Passion 2019

Untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam memilih program studi dan perguruan tinggi, SMAN 3 Bandung kembali menggelar kegiatan Edu Passion 2019

Penuhi Informasi Pilih Program Studi dan Perguruan Tinggi, SMAN 3 Bandung Gelar Edu Passion 2019
TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam rangka pembukaan kegiatan Edu Passion 2019, sekaligus meresmikan laboratorium komputer di kampus SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung, Bandung, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam memilih program studi dan perguruan tinggi yang tepat serta sesuai dengan minat bakat para siswanya, SMAN 3 Bandung kembali menggelar kegiatan Edu Passion 2019 di kampusnya, Jalan Belitung Nomor 8 Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika tersebut, diikuti oleh sekitar 37 perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengatakan, di zamannya dulu belum ada kegiatan penghubung sekolah ke perguruan tinggi layaknya fasilitas Edu Passion.

Sehingga para siswa cenderung mencari informasi berdasarkan referensi para alumni, saudara, atau teman-teman seangkatannya.

"Karena dulu belum ada hal seperti begini (bimbingan informasi perguruan tinggi), bertanyalah saya pada kakak sepupu yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia ITB, sebab dia terus memuji-muji prodi itu dan saya engga tahu jurusan lain soalnya engga ada referensi, jadilah pilihan pertama saya kesana (Teknik Kimia ITB). Selanjutnya, tanya teman-teman bermain seangkatan, yang hampir semuanya merujuk pada pilihan Arsitektur ITB, jadilah itu pilihan kedua saya, juga sama di pilihan ketiga, yaitu Akuntansi, karena harus non teknik waktu itu," ujar Kang Emil yang juga merupakan alumnus SMAN 3 Bandung.

Hasil seleksi waktu itu membawa Kang Emil lolos pada pilihan kedua, yaitu Arsitektur ITB.

Namun berkat hal itulah, lanjut Kang Emil selama mengenyam bangku kuliah, ia mendapat bergam pembekalan terkait kreativitas dan cara menyederhanakan kompleksitas masalah.

Semua pengalaman itu diakuinya terasa manfaatnya ketika meniti karier, baik sebagai Arsitek maupun kepemimpinanya saat menjadi Wali Kota Bandung, dan kini Gubernur Jawa Barat.

"Untuk itu melalui adanya kegiatan Edu Passion ini, adik-adik silakan datangi satu persatu perguruan tinggi yang ada, cari informasinya sebanyak mungkin, pikirkan, renungkan, dan istikharah-kan tujuannya itu. Selain itu, karena sekarang ada banyak tes minat bakat jurusan kuliah, ikuti itu sebagai salah satu upaya ikhitar, jangan sampai salah milih jurusan seperti yang saya alami dulu karena tidak dapat informasi (yang kredibel)," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved