Ini Pengalaman Tidak Menyenangkan yang Dirasakan oleh Para Kusir Delman di Majalaya

Pengalaman tidak menyenangkan dirasakan oleh puluhan kusir delman yang setiap hari mangkal di seputaran Alun-alun Majalaya.

Ini Pengalaman Tidak Menyenangkan yang Dirasakan oleh Para Kusir Delman di Majalaya
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Puluhan kusir delman di sekitar Alun-alun Majalaya, Kabupaten Bandung, Rabu (9/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengalaman tidak menyenangkan dirasakan oleh puluhan kusir delman yang setiap hari mangkal di seputaran Alun-alun Majalaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Hal yang dirasakan oleh puluhan kusir delman di seputaran Alun - alun Majalaya tersebut, yakni kerap diminta oleh petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tidak mangkal disekitar Alun - alun Majalaya.

"Waktu itu kami mangkal dekat Alun - alun disuruh pindah, pokoknya tidak boleh mangkal disitu lagi," kata salah seorang kusir delman, Entang Hidayat (64), di sekitar Alun - alun Majalaya, Rabu (9/1/2019).


Entang mengatakan, saat ada petugas Satpol PP yang melakukan penertiban secara paksa kepada para kusir delman, ia merasa sedih lantaran telah mangkal di situ sejak puluhan tahun lalu, namun baru kali in mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

"Rasanya pedih, penghasilan cuma sedikit tapi harus diusir- usir," kata Entang.

Sementara Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Majalaya, Cucu Munajat, membantah kalau ada anggota Satpol PP yang menertibkan para kusir delman, karena kewenangan penertiban hanya dilakukan salah satu dinas terkait.

"Bukan kewenangan kami, kami hanya menertibkan alun - alun saja," katanya.

Di balik keramaian sejumlah warga di seputar Alun - alun Majalaya, sama sekali tidak dirasakan oleh puluhan kusir delman yang lebih dari dua puluh tahun menggantungkan hidup kepada seekor kuda.

Tepat berada di Jalan Tengah atau di depan salah satu pasar modern, berjajar rapih puluhan delman yang sejak matahari terbit lebih sering membuat para kusir delman diri menunggu penumpang.

Densus 88 Bantu Selidiki Kasus Teror Bom di Rumah Dua Pimpinan KPK

Untuk mengusir rasa bosan ketika menunggu calon penumpang, beberapa kusir lainnya berkumpul dengan kusir lainnya sambil membuka obrolan ringan atau pun mencoba memperbaiki komponen delman yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, selain di Jalan Tengah, para kusir delman kerap mangkal di sekitar Pasar Stasiom Majalaya, pertigaan Majasetra, dan sekitar Masjid Agung Majalaya.

Penggemar Film Horor? Yuk Ikuti Meet and Greet Pemain Film Dreadout Sore Ini!

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved