Kabar Duka dari Cisolok, Kita Memang Harus Akrab dengan Bencana

#Prayforcisolok. Itu menjadi tagar bagi warga Cisolok dan sekitarnya di awal tahun 2019 ini.

Kabar Duka dari Cisolok, Kita Memang Harus Akrab dengan Bencana
istimewa
Taufik Ismail.

KAMPUNG Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (31/12/2018) sore.

Di saat sebagian besar warga di daerah lain tengah mempersiapkan pergantian tahun, warga Kampung Garehong berduka.

Sekitar pukul 17.00, bukit yang ada di dekat Kampung Garehong longsor. Longsoran tanah dan material lain mengubur puluhan rumah yang dihuni 34 kepala keluarga.

Hingga Selasa (1/1/2019) sore, 16 korban sudah ditemukan tim gabungan yang mencari korban. Mereka dalam kondisi meninggal dunia, satu di antaranya seorang bayi berusia tiga bulan.

Di tayangan televisi terlihat area yang mengalami longsor cukup luas. Bukit yang longsor juga cukup tinggi.

Panjang longsoran tanah sekitar 200 meter, dengan panjang 100 meter dan ketebalan tanah yang menimbun kampung sekitar empat meter.

Pemandangan kontras terlihat ketika kamera menyorot bukit yang longsor sementara di sekitarnya ada pepohonan yang hijau.

Petugas mengevakuasi korban longsor di Kampung Garehong, RT 05/04, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.
Petugas mengevakuasi korban longsor di Kampung Garehong, RT 05/04, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Warga kampung di sekitar Cimapag pun berduka. Mereka menangis melihat kerabat dan keluarga yang menjadi korban dievakuasi meninggal dunia.

Duka Indonesia pun berlanjut. Sekitar sepekan sebelumnya bencana terjadi di Serang, Pandeglang, dan Lampung. Tsunami menyapu beberapa daerah di tiga kabupaten tersebut.

Ratusan orang menjadi korban jiwa. Mereka saat itu rata-rata tengah berada di tempat wisata seperti Pantai Carita, Tanjung Lesung, dan Anyer.

Halaman
12
Penulis: taufik ismail
Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved