Buku Nikah Bakal Diganti oleh Kartu Mirip ATM, Begini Kata MUI Jabar

Rencana penggantian buku nikah menjadi kartu nikah telah disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Buku Nikah Bakal Diganti oleh Kartu Mirip ATM, Begini Kata MUI Jabar
Tribunnews & Istimewa
Buku nikah bakal diganti kartu nikah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rencana penggantian buku nikah menjadi kartu nikah telah disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat peluncuran aplikasi manajemen nikah di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2018), menjelaskan, ukuran kartu nikah ini layaknya kartu ATM atau kartu tanda penduduk (KTP).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rafani Akhyar mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mempelajari dan mendapatkan info secara lengkap.

Dia pun belum bisa menyampaikan pandangannya terkait rencana penggantian buku nikah tersebut.

"Kita belum mempelajari dan info lengkap terkait kartu tersebut, tapi MUI tentu membuat penyataan, tapi harus mempelajari dulu ya biasanya. Soal pandangan, kami pun belum bisa (berkomentar) karena belum memahami dan melihat dan masih mempelajari," ujar Rafani saat dihubungi, Senin (12/11/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kemungkinannya rencana penggantian buku nikah akan dibahas di rakernas MUI pada tanggal 21 November 2018.

Pembahasan fatwanya pun, ujarnya, pasti akan dilakukan.

PT KAI Beri Diskon Khusus untuk Pembelian Tiket Kereta di Acara Rail Run di Cirebon

"Kalau masalah kaya gini biasanya MUI pusat mengundang, mungkin nanti dibicarakan di rakernas tanggal 21 dan itu akan diagendakan. Jadi nanti akan saya cek apa itu diagendakan karena nanti akan ada pembahasan fatwa, pasti akan diputuskan itu," ujarnya.

Dikutip dari Wartakota, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengklaim, pengganti buku nikah tersebut akan lebih praktis saat dibawa ke mana saja.

Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved