Guru Honorer di Garut Pusing, Bayarannya Cuma Separuh dari yang Seharusnya Diterima

Bayaran yang diterima sebesar Rp 1.020.000, dari jumlah seharusnya sebesar Rp 2.040.000.

Guru Honorer di Garut Pusing, Bayarannya Cuma Separuh dari yang Seharusnya Diterima
TRIBUN JABAR/HAKIM BAIHAQI
Seorang guru honorer SMAN 26 Garut mengadukan nasibnya kepada Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan di Mukerwil Laskar Aswaja di Wisma CPI, Desa Lebakjaya, Kecamatan Karangpawitan, Sabtu (21/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Seorang guru honorer SMAN 26 Garut mengadukan nasibnya kepada Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

Guru honorer yang kemudian diketahui bernama Tina Surnarti (37), itu mengungkapkan keluhannya ketika sejumlah wartawan tengah mewawancara Aher yang datang ke Mukerwil Laskar Aswaja di Wisma CPI, Desa Lebakjaya, Kecamatan Karangpawitan, Sabtu (21/4/2018).

Tina yang berada di antara sejumlah wartawan itu langsung mengatakan tentang pembayaran honornya yang tidak sesuai dengan jam mengajar yang sudah dilakukannya.

Menurutnya, saat pengelolaan honor SMA telah diurus oleh provinsi tahun lalu, pihak sekolah telah mengajukan jam mengajar selama 24 jam per minggu untuk tahun ajaran 2017/2018.

Baca: Rumah Yani Ambruk Total Akibat Cuaca Ekstrem, Puing Bangunannya Masuk ke Parkiran Pemkot Cimahi

Baca: Deddy Mizwar Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Mengetahui Potensi Bencana di Wilayahnya Masing-masing

Namun honor yang diterima tak sesuai, ia hanya menerima honor selama 12 jam mengajar. Bayaran yang diterima sebesar Rp 1.020.000, dari jumlah seharusnya sebesar Rp 2.040.000.

"Tapi saya ngajar sudah 24 jam. Tapi kok dibayarnya 12 jam Pak. Saya sudah mengadu ke kepala sekolah, cuma dia tidak tahu. Katanya disuruh tanya ke provinsi," ujar Tina saat berbincang dengan Aher, Sabtu (21/4/2018).

Tina menambahkan, selain dirinya ada sembilan guru honorer lainnya yang tak dibayar sesuai jam mengajar, sebanyak enam guru dibayar delapan jam, dua guru selama 16 jam, dan dua guru selama 12 jam.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help