Pilgub Jabar

Dedi Mulyadi Kerja Bakti Bersama Warga, Perbaiki Rumah Wanita Berusia 80 Tahun, Kartini dari Ciamis

“Emak gak punya anak. Di rumah, emak tinggal sama adik emak. Malu sebenarnya, rumah emak sudah mau roboh,” ujarnya.

Dedi Mulyadi Kerja Bakti Bersama Warga, Perbaiki Rumah Wanita Berusia 80 Tahun, Kartini dari Ciamis
istimewa
Dedi Mulyadi ‎di kediaman Mak Oom di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Mak Oom, perempuan berusia 80 tahun di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis dinilai oleh calon wakil gubernur Jabar Dedi Mulyadi sebagai Kartini masa kini asal Ciamis.

Di usianya yang sudah sepuh, Mak Oom masih berjualan sayur di halaman rumahnya. Sejumlah bagian rumahnya sudah rusak. Dedi pun tak sengaja menemuinya saat blusukan di desa tersebut, Sabtu (21/4/2018). Kondisi kesehatannya sudah mulai menurun dimakan usian, punggungnya pun sudah bungkuk.

Baca: Amien Rais Bandingkan Jokowi dan Prabowo, Sebut Orang Sipil Tapi Kebijakan Otoriter

Mak Oom pun mengajak Dedi masuk ke rumahnya untuk sekadar menunjukan sejumlah bagian rumahnya yang rusak. Sehari-hari, ia tinggal di rumah itu bersama saudara perempuannya yang juga sudah lansia. Keduanya tidak punya suami dan anak.

“Emak gak punya anak. Di rumah, emak tinggal sama adik emak. Malu sebenarnya, rumah emak sudah mau roboh,” ujarnya.


Sehari-hari, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dua perempuan lansia itu menjual sayuran di halaman rumahnya. Pada kesempatan itu, Dedi mengajak sejumlah warga untuk kerja bakti memperbaiki rumah Oom.

“Saya mohon warga berswadaya, kasihan Mak Oom. Ini rumah bisa roboh sewaktu-waktu, kita gak tahu kapan, tetapi harus antisipasi,” kata Dedi. Ia pun sempat menaiki tangga ke atap rumah Oom untuk mengganti sejumlah genting yang pecah.

Dedi Mulyadi kerja bakti
Dedi Mulyadi kerja bakti (istimewa)

Rumah Mak Oom berdiri di atas tanah berukuran 3 meter X 4 meter, termasuk ke dalam rumah berjenis semi permanen. ‎Menurutnya, Oom menjalankan prinsip Kartini yang memperjuangkan kemandirian.


“Dia tidak mau menjadi peminta-minta. Hidup mandiri tauladan bagi kita. Hari ini, Hari Kartini, generasi kita harus meneladani Mak Oom,” katanya.

Perempuan yang mengalami kesulitan hidup di usia senja memang menjadi perhatian Dedi Mulyadi. Saat menjabat sebagai Bupati Purwakarta, ia menginisiasi Program Ibu Asuh. Kaum ibu lansia mendapatkan insentif minimal Rp 300 ribu per bulan dari anak asuh mereka. 

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help