Indonesia Masih Kalah dari Malaysia dalam Jumlah Wirausahawan

Jumlah wirausahawan di Indonesia, masih kalah dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara, semisal Singapura, Malaysia dan Thailand

Indonesia Masih Kalah dari Malaysia dalam Jumlah  Wirausahawan
Tribunjabar/Theofilus Richard
Entepreneurs Wanted, Sabuga, Kota Bandung, Senin (18/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG – Seminar Entepreneurs Wanted! yang digelar di Sabuga, Kota Bandung, Senin (18/12/2017) dilatarbelakangi oleh masih kurangnya jumlah pengusaha di Indonesia.  Berdasarkan standar Bank Dunia, seharusnya setiap negara memiliki jumlah pengusaha minimal sebesar 4% dari jumlah penduduk.

Jumlah pengusaha Indonesia, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, baru berjumlah 3,31%. Jumlah ini masih kalah dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara, semisal Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%).

 “Ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan jumlah wirausahawan di Tanah Air. Melalui bincang-bincang edukatif ke kampus-kampus ini, kami menyebarkan virus kewirausahaan, sehingga para penerus Republik ini dapat terinspirasi dan belajar untuk menjadi wirausahawan yang sukses,” ujar Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis KSP, Denni Puspa Purbasari, dalam  siaran persnya.

Baca: Cabut Dukungan pada Ridwan Kamil, Golkar Buka Peluang Berkoalisi dengan Partai Lain

 Kepala Kantor Staff Presiden, Teten Masduki, mengatakan pemerintah sedang merangsang pertumbuhan pengusaha Indonesia terutama pada ranah industri digital.

 Pemerintah bercita-cita menjadi Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dengan valuasi industri yang mencapai 130 miliar dolar AS di tahun 2020.  Indonesia disebut berpotensi dalam hal itu, karena menurut data Tetra Pak Index 2017, Indonesia memiliki 132 juta pengguna internet.

 Sebanyak 40% dari jumlah tersebut merupakan pengguna aktif media sosial. Selain itu, sebanyak 39% dari jumlah tersebut mengakses internet melalui perangkat mobile.

 “Untuk mendukung cita-cita tersebut, pemerintah telah merancang kegiatan Entrepreneurs Wanted! yang dilakukan secara rutin setiap bulannya sejak awal tahun ini. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat kewirausahaan generasi muda Indonesia dengan mempertemukan wirausahawan terbaik dengan para generasi penerus bangsa,” kata Teten.

Baca: Jokowi Buka Seminar Entrepreneurs Wanted! di ITB yang Dihadiri Ribuan Mahasiswa

 Untuk mendukung cita-cita tersebut, para CEO dan founder Start-up yang sukses pun diundang. Mereka adalah CEO dan Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, serta CEO dan Pendiri Amartha, Andi Taufan Garuda Putra.

 Selain kedua pengusaha tersebut, rencananya Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir pada acara ini.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help