Doa Harian

Bacaan Doa Sapu Jagat Lengkap Dengan Arab dan Latinnya, Untuk Mendapatkan Kebaikan Dunia Akhirat

Bacaan doa sapu jagat merupakan doa yang Rasulullah Muhammad SAW ajarkan. Doa ini merupakan amalan untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat.

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Ravianto
Bacaan Doa Sapu Jagat Lengkap Dengan Arab dan Latinnya, Untuk Mendapatkan Kebaikan Dunia Akhirat
freepik
Berdoa kepada Allah SWT memohon diberikan kebaikan dunia dan akhirat bisa dengan membaca doa sapu jagat yang Rasulullah Muhammad SAW ajarkan.

TRIBUNJABAR.ID - Berdo’a kepada Allah SWT merupakan kunci utama agar kita selalu senantiasa mendapatkan keselamatan serta kebaikan di dunia dan akhirat.

Doa sapu jagat merupakan salah satu bacaan doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dan merupakan amalan doa yang sering dibaca.

Dalam Islam diajarkan banyak sekali doa-doa, dari mulai kita bangun tidur hingga tidur lagi pun semuanya terdapat doanya masing-masing

Salah satunya yaitu doa sapu jagat. Doa sapu jagat merupakan doa yang biasa kita baca sehari-hari selepas sholat.

Doa sapu jagat juga merupakan doa keselamatan untuk meminta pertolongan Allah SWT agar senantiasa diberikan kebaikan dunia dan akhirat.

Berikut ini doa sapu jagat yang biasa kita lafalkan sehari-hari, berikut arab, latin beserta artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Doa sapu jagat ini bisa kita lafalkan dimanapun dan kapanpun, namun terdapat waktu-waktu mustajab untuk membaca doa sapu jagat, yaitu:

ANTARA ADZAN DAN IQOMAH

Dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa (yang dipanjatkan) di antara adzan dan iqamah, maka berdoalah (di waktu itu).” (HR. Ahmad).

SELEPAS MELAKSANAKAN SHOLAT FARDHU

Setelah selesai melaksanakan ibadah sholat fardhu, alangkah baiknya untuk berdoa kepada Allah SWT memohon ampunan dari siksa api neraka serta meminta pertologan agar selalu diberikan keselamatan serta kebahagian dunia dan akhirat.

KETIKA MALAM LAILATUL QADAR

Malam Lailatul Qadar yaitu malam kesepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan atau biasa kita sebut sebagai malam seribu bulan.

Dimana umat Islam berlomba-lomba untuk memperoleh keistimewaan serta kebaikan dibulan Ramadhan.

Dengan membaca doa sapu jagat ini kita memohon agar Allah SWT senantiasa memberikan kebaikan bagi kita di dunia dan akhirat.

Itulah bacaan doa sapu jagat lengkap dengan arab dan latinnya untuk senantiasa mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. (Magang TJ/Arifa amalia)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved