Ini dia Tips berangkat Umroh di Musim Dingin

Arab Saudi merupakan negara yang mempunyai dua musim, yakni musim panas dan musim dingin. Berbeda dengan indonesia, di saudi perubahaan cuacanya cukup

Istimewa
Tips berangkat Umroh di Musim Dingin 

TRIBUNJABAR.ID, Arab Saudi merupakan negara yang mempunyai dua musim, yakni musim panas dan musim dingin. Berbeda dengan indonesia, di saudi perubahaan cuacanya cukup ekstrem.

Musim panas bisa mencapai 55 derajat celcius sedangkan musim dingin berkisar 0 sampai minus 10 derajat celcius. Untuk musim panas, orang indonesia mungkin biasa mengalaminya.

Akan tetapi karena musim dingin yang ekstrem di Saudi memiliki kelembaban yang rendah yaitu berkisar 24 persen (sangat kering), maka khusus musim dingin ini jamaah umrah Indonesia harus bisa menyesuaikan diri.

Sengatan dingin Bagi jamaah umrah yang berasal dari daerah maupun mereka yang telah terbiasa dengan cuaca dingin, suhu di Tanah Suci pada bulan september hingga maret nanti mungkin tak akan menjadi persoalan serius.

Diantara Tips yang bisa sahabat Dago Wisata persiapkan sebelum keberangkatan Umrah di Musim Dingin Adalah:

  • Olah Raga Teratur
    Latihan fisik bisa menjadi tameng agar tubuh tetap prima menghadapi perubahan cuaca ekstrem, termasuk suhu dingin. Persiapan ini sekaligus membantu fisik jamaah untuk menjalankan rangkaian ritual umroh seperti tawaf dan sa’i, yang butuh banyak jalan kaki. Sebaiknya olahraga rutin sudah dilakukan minimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Jenis olahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan kita.
  • Pastikan Asupan Gizi Harian Terpenuhi
    Sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan, atur asupan gizi harian . Tujuannya, memastikan badan fit saat berangkat dan menjalankan ibadah umroh. Biasakan pula minum air yang cukup saat di tanah suci, utamakan mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbonhidrat dan protein. Pilih saja misalnya roti gandum, nasi merah, kentang dan biji-bijian.
  • Bawa Pakain Tebal Yang Menghangatkan
    Dalam rangkaian perjalanan umroh, jemaah tak setiap hari mengenakan ihram, Selama ihram. laki-laki hanya diizinkan mengenakan dua lembar kain tak berjahit. Dengan ketentuan tersebut, tak perlu  banyak pilihan pakaian untuk menjalankan rangkaian ibadah umroh. Maka jamaah bisa menyertakan pakaian tebal yang bisa menghangatkan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Persiapkan Obat-obatan Pribadi
    Obat-obatan bagian yang tak boleh terlewatkan sebelum berangkat umroh, apapun musimnya, adalah obat-obatan pribadi. Saat mengantisipasi cuaca ekstrem apalagi dingin, obat-obatan ini menjadi lebih penting lagi disiapkan. Jangan segan pula berkonsultasi dengan dokter mengenai persiapan medis menjelang berangkat ke Tanah Suci. Catat, persiapan obat tak hanya diperlukan para pengidap penyakit berat.

Nah, itu lah beberapa Tips Umrah Di Musim Dingin semoga dengan persiapan yang matang, perjalanan sahabat www.dagowisata.com menjadi lancar, Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Dago Wisata 2
Dago Wisata
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved