Baru 11 dari 65 Bakal Calon DPD Jabar yang Serahkan Bukti Dukungan, Terakhir Besok

Baru 11 orang yang sudah menyerahkan berkas dukungan dari 65 bakal calon anggota DPD Jawa Barat yang menyatakan akan mengikuti Pemilu.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Penyerahan dukungan pencalonan perseorangan peserta Pemilihan Umum tahun 2024 untuk bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Barat di Kantor KPU Jabar, Rabu (28/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Baru 11 orang yang sudah menyerahkan berkas dukungan dari 65 bakal calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat yang menyatakan akan mengikuti Pemilu 2024.

Maka, yang lainnya memiliki waktu hingga Kamis (29/12/2022) sesuai jadwal untuk menyerahkan dukungan.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq, mengatakan, tahapan penyerahan berkas dukungan ini dibuka sejak 16 Desember 2022.

Namun demikian, sampai Rabu (28/12/2022) pukul 11.00 WIB, baru 11 bakal calon yang menyerahkan berkas dukungannya ke Kantor KPU Jabar di Kota Bandung.

Dia mengatakan, penyerahan berkas dukungan pada Pemilu kali ini memakai aplikasi Sistem Informasi Pencalonan atau Silon.

Para bakal calon harus meminta akses Silon terlebih dulu sehingga data dukungan dari masyarakat diakses ecara paperless atau online.

Baca juga: KPU Sumedang Bakal Buatkan TPS Khusus untuk Pemilih di Kampus, Lapas, hingga Pesantren untuk Pemilu

Endun mengatakan, jika dulu dalam berkas dukungan terlampir ribuan fotokopi KTP dan berkas kertas, sekarang penyerahan dukungan di Kantor KPU Jabar hanya berupa dua lembar berkas.

Kali ini, dukungan diakses di Silon dengan minimal dukungannya sebanyak 5.000 KTP dengan sebaran di 14 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Semua harus di-upload di Silon. Yang minta akses Silon ada 65 orang, kemudian yang mengkonfirmasi datang ke Kantor KPU untuk menyerahkan berkas ada 45 orang dan yang sampai saat ini datang baru 11 orang," kata Endun di Kantor KPU Jabar, Rabu (28/12/2022).

Baca juga: Kerawanan Pemilu Kabupaten Cirebon Peringkat Empat di Jawa Barat, Bawaslu Beri Catatan Ini

Dia mengatakan yang akan mencalonkan diri menjadi anggota DPD RI di antaranya berlatar belakang aktivis, tokoh masyarakat, akademisi, petahana anggota DPD RI, pensiunan, seniman, sampai artis.

Namun, Endun tidak bisa menyebutkan siapa saja artis yang akan mencalonkan diri, sesuai arahan KPU RI.

Baca juga: Kerawanan Pemilu di Kabupaten Cirebon Duduki Peringkat Empat di Jawa Barat, Ini Indikatornya

Setelah menyerahkan dukungan, KPU bakal melakukan tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan bacalon DPD tersebut.

Jika memenuhi syarat, sekitar April 2023 mereka akan ditetapkan sebagai calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Jawa Barat. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved