Natal dan Tahun Baru

Rezeki PO Bus di Ciamis di Libur Natal dan Tahun Baru, Jumlah Penumpang Naik 40 Persen

Dua hari liburan Natal ini, mulai Sabtu (24/12) menjadi berkah sendiri bagi pengusaha angkutan umum di Ciamis

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Andri M Dani
Dua hari liburan Natal ini, mulai Sabtu (24/12) menjadi berkah sendiri bagi pengusaha angkutan umum perusahaan oto bis di Ciamis. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dua hari liburan Natal ini, mulai Sabtu (24/12) menjadi berkah sendiri bagi pengusaha angkutan umum perusahaan oto bis di Kabupaten Ciamis.
Terjadi lonjakan jumlah penumpang yang cukup signifikan.

Seperti yang dialami PO Bus Gapuraning Rahayu (GR), ada kenaikan jumlah penumpang sampai 40 persen.

“Dua hari ini sejak kemarin (Sabtu, 24/12) ada peningkatan jumlah penumpang. Khususnya dari arah Jakarta-Cilacap, ada peningkatan sekitar 30 persen-40 persen,” ujar manejer PO Bus Gapuraning Rahayu, R Ekky Bratakusumah kepada Tribun Minggu (25/12/2022).

Baca juga: Libur Natal, Pesisir Utara Subang Justru Diterjang Banjir Rob Sore Tadi, Hampir 1.000 Rumah Terendam

Ada 4 trayek yang dijalani PO GR yakni Wangon, Sidareja, Karang Pucung (Cilacap) tujuan Jakarta (Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Kali Deres) serta trayek Pangandaran-Jakarta.

Pada dua hari liburan Natal ini (Sabtu-Minggu, 24-25/12), menurut Ekky terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.
Khususnya untuk perjalanan dari arah Barat menuju Timur. Yakni dari arah Jakarta menuju Cilacap dan Pangandaran.

“Kalau dari arah Timur menuju Barat, jumlah penumpang normal. Hanya terisi sekitar 50 persen-60 persen seat yang tersedia. Ya sekitar 25 sampai 30 seat. Itu yang dari arah Timur menuju Jakarta,” katanya.

Peningkatan julah penumpang yang signifikan terjadi untuk arah Barat menuju Timur. Dari arah Jakarta menuju Cilacap dan Pangandaran ada peningkatan jumlah penumpang sekitar 30 persen sampai 40 persen.

“Normalnya setiap hari libur sebelum Natal, dari 50 seat kapasitas bus terisi sekitar 25 sampai 30 seat. Dua hari ini terisi sekitar 40 seat. Bahkan banyak yang rata-rata yang penuh terisi 50 seat. Alhamdulillah,” jelas Ekky.

Artinya menurut Ekky, selama dua hari liburan Natal ini banyak penumpang mudik liburan ke kampung halaman dari Jakarta. Kebetulan liburan Natal sekarang bersamaan dengan liburan anak sekolah.

Biasanya setelah libur Natal yang berlanjut dengan libur Tahun Baru ungkap Ekky, jumlah penumpang akan terus bertambah.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Jumlah Penumpang KA di Stasiun Tasikmalaya Naik 50 Persen

“Bahkan pada liburan tahun baru, peningkatan jumlah penumpang terjadi untuk kedua arah. Tidak hanya dari arah Barat menuju Timur tetapi juga dari Timur menuju Barat,” ungkapnya.

Menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru ini, PO Bus GR tidak menaikkan tarif.

“Tarif tetap normal, Rp 150.000 per penumpang untuk semua jurusan. Termasuk yang trayek Pangandaran-Jakarta,” ujar Ekky.

Selain itu menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru ini PO GR katanya mempersiapkan 40 armada. Dari 30 armada reguler ditambah 10 armada tambahan. Termasuk armada pariwisata yang diperbantukan ke reguler.

Seluruh armada bus yang disiagakan tersebut sudah lolos uji kelayakan (ramp chek) baik yang dilakukan internal perusahaan. Maupun ramp check yang dilakukan Dishub dan Polres.

Begitu juga dengan kru baik sopir dan kondektur juga menjalani test kesehatan serta pembekalan teknis internal.

Menurut Ekky, menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru ini kru armada GR mendapat bonus khusus diluar upah tetap.

“Bila kru berhasil mengangkut penumpang lebih dari 40 orang untuk trayek PP, bonus nya satu seat bagi kelipatan 10 seat yang terisi. Rinciannya bila dapat penumpang 50 orang, bonus 1 orang. Kalau 60 orang, bonusnya 2 seat. Demikian terus untuk kelipatan 10 seat bagi perjalanan PP,” katanya.

Baca juga: Hari Terakhir Libur Natal, Polisi Terapkan 6 Kali One Way di Kawasan Wisata Lembang

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved