Pakai Token Listrik, Begini Cara Hitung Besaran kWH nya

Bagi pelanggan listrik prabayar, mungkin Anda pernah merasa terkaget-kaget karena angka yang tertera di layar kWh meter setelah token dimasukkan berbe

Istimewa
Pakai Token Listrik, Begini Cara Hitung Besaran kWH nya 

TRIBUNJABAR.ID, Bagi pelanggan listrik prabayar, mungkin Anda pernah merasa terkaget-kaget karena angka yang tertera di layar kWh meter setelah token dimasukkan berbeda dengan nominal rupiah untuk membeli token tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak seperti membeli pulsa telepon selular yang nominal rupiah pembelian sama dengan nominal pulsa, nominal rupiah yang dikeluarkan untuk membeli token tersebut akan langsung dikonversikan ke dalam kilowatt hour (kWh) sesuai tarif listrik yang berlaku. Sehingga, angka yang terdapat di kwh meter besarannya bukan rupiah, melainkan kWh. Untuk menghitung berapa kWh yang didapat atas pembelian token prabayarnya, berikut caranya:

Langkah pertama yaitu dengan mengetahui tarif listrik per kWh, termasuk golongan subsidi atau non subsidi. Misal tarif pelanggan listrik prabayar subsidi 900 VA berbeda dengan pelanggan listrik prabayar mampu 900 VA.

Kedua, pajak penerangan jalan (PPJ) besarannya bervariasi dan diatur oleh masing-masing pemerintah daerah setempat yaitu antara 3 persen sampai dengan 10 persen.

Ketiga, biaya administrasi pembelian token di bank atau merchant besarnya bervariasi dan diatur oleh masing-masing.

Berikut contoh simulasi perhitungannya:

Pelanggan hendak membeli pulsa listrik dengan nilai sebesar Rp 206.500 dengan penggunaan daya 1.300 VA. Jika PPJ Rumah Tangga 6 persen, maka perhitungannya sebagai berikut:

Harga token: Rp 200.000,-
Biaya administrasi bank: Rp. 6.500,-
PPJ 6 persen: Rp 12.000,-
Tarif dasar listrik: Rp 1.444,70,-

Besaran token yang didapat:
(Rp 200.000 - Rp 12.000)/Rp 1.444,70,- = 130,13 kWh

Jadi, dengan pembelian token Rp 200.000,- untuk golongan pelanggan 1.300 VA nonsubsidi, daya yang didapat sebesar 130,13 kWh.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved