Operator Bendungan Jatiluhur Raih Penghargaan BUMN Informatif, Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Operator Bendungan Jatiluhur, Jasa Tirta II dinobatkan sebagai BUMN dengan kategori informatif bersama 18 BUMN lainnya.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
PT Jasa Tirta II raih rekor baru yang tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), membentangkan bendera merah putih raksasa di tengah Bendungan Jatiluhur saat hari kemerdekaan Indonesia Agustus lalu. 

TRIBUNJABAR.ID,PURWAKARTA-Operator Bendungan Jatiluhur, Jasa Tirta II dinobatkan sebagai BUMN dengan kategori informatif bersama 18 BUMN lainnya dalam penganugerahan keterbukaan informasi badan publik 2022.

Penyerahan penghargaan digelar di Jakarta pada Rabu (14/12/2022), diterima oleh Dirut Jasa Tirta II.

Imam menyampaikan keterbukaan informasi publik menjadi pondasi utama dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan transparan.

Operator Bendungan Jatiluhur, Jasa Tirta II dinobatkan sebagai BUMN dengan kategori informatif bersama 18 BUMN lainnya dalam penganugerahan keterbukaan informasi badan publik 2022.
Operator Bendungan Jatiluhur, Jasa Tirta II dinobatkan sebagai BUMN dengan kategori informatif bersama 18 BUMN lainnya dalam penganugerahan keterbukaan informasi badan publik 2022. (Istimewa)

"Penghargaan ini kami harap bisa memberikan semangat bagi Jasa Tirta II dan BUMN lainnya untuk memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Adapun 18 BUMN lainnya yang masuk dalam jajaran informatif ialah PT KAI, INTI, Taspen, BRI, Jasa Tirta I, Pertamina, Perhutani, PT. PP, Perum LPPNPI, PELNI, Damri, Pelabuhan Indonesia, Hutama Karya, Wijaya Karya, Semen Baturaja, Pupuk Indonesia, Perumnas, dan RNI (ID FOOD).

Penghargaan Informatif ini diberikan setelah badan publik melewati serangkaian proses Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2022 oleh Komisi Informasi Pusat, meliputi Self Assessment Kuesioner melalui aplikasi online dan presentasi uji publik.

Baca juga: Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Tengah Bendungan Jatiluhur, Jasa Tirta II Sabet Rekor Muri

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengapresiasi peningkatan signifikan terhadap pelaksanaan Anugerah Monev tahun 2022, karena terdapat 122 BP berhasil menjadi informatif dari tujuh kategori BP.

Kata Mahfud MD, vadan publik telah menyadari pentingnya kehadiran Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik untuk memberi ruang bagi publik agar dapat berpartisipasi pada proses pengambilan kebijakan publik.


"Besar harapan saya agar di tahun-tahun mendatang, lebih banyak lagi badan publik yang dapat memenuhi kepatuhan dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik, pemerintah juga berkomitmen kuat dan terus mendorong optimalisasi badan publik dalam menjalankan amanat UU KIP," ujarnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved