Janji Laksamana Yudo Margono yang Pekan Depan Sah Jadi Panglima TNI: Tak Ada Lagi TNI Arogan

Laksamana Yudo Margono akan sah menjadi Panglima TNI, Selasa (6/12/2022) depan.

Editor: Ravianto
KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYA
KSAL Laksamana Yudo Margono dan istri Veronica Yulis Prihayati bersama anggota keluarganya. Yudo sebentar lagi akan menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Laksamana Yudo Margono akan sah menjadi Panglima TNI, Selasa (6/12/2022) depan.

Hal ini setelah Komisi I DPR RI menyetujui pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Jumat (2/12/2022).

Persetujuan itu, diputuskan DPR setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat, kemarin.

Menurut Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, Laksamana TNI Yudo Margono telah menyampaikan pemaparan visi-misinya sebagai Calon Panglima TNI.

Terkait hal tersebut, DPR pun sepakat menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI selanjutnya.

"Seluruh sembilan fraksi satu suara, tidak ada yang berbeda."

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri), saat berbincang dengan santriwati yang menjalani observasi setelah divaksin Covid-19 di Pondok Pesantren Khas Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/9/2021).
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri), saat berbincang dengan santriwati yang menjalani observasi setelah divaksin Covid-19 di Pondok Pesantren Khas Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/9/2021). (Tribun Jabar)

"Memberikan persetejuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," ucap Meutya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube DPR RI, Sabtu (3/12/2022).

Sementara itu, Meutya menyampaikan apresiasi atas dedikasi Jenderal Andika Perkasa selama menjadi Panglima TNI.

Komisi I DPR RI pun telah menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca juga: Reaksi Istri Yudo Margono Setelah DPR Setujui Suaminya Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

Proses selanjutnya, DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna pengesahan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI yang disetujui DPR pada Selasa (6/12/2022).

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono, mengatakan Rapat Paripurna itu akan digelar setelah Komisi I menyerahkan hasil fit and proper test Yudo Margono ke pimpinan DPR.

"(Hasil fit and proper test) langsung diserahkan hari ini dan mungkin Paripurna Selasa depan," kata Dave setelah melakukan verifikasi faktual di kediaman Yudo, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (2/12/2022) malam, dilansir Kompas.com.

Setelah Rapat Paripurna, lanjut Dave, pimpinan DPR akan mengirimkan keputusannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilakukan pelantikan.

"Dari pimpinan DPR langsung dikirim ke Istana untuk langsung dijadwalkan pelantikan, kapan pelantikannya tergantung Presiden," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved