Gempa Bumi di Cianjur

Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Akan Dikawal agar Benar-benar Dirasakan Masyarakat yang Berhak

Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto mengatakan pengawalan yang dilakukan BPKP agar warga mendapatkan hak.

Editor: Ravianto
fauzi noviandi/tribunjabar
Warga saat menghentikan iring-iringan mobil yang membawa bantuan korban gempa Cianjur. Video warga menghentikan iring-iringan mobil pembawa bantuan ini viral. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan pengawalan terhadap penanganan dan pemberian bantuan sosial dari pemerintah bagi warga yang terdampak bencana akibat gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan pengawalan terhadap penanganan dan pemberian bantuan sosial dari pemerintah bagi warga korban gempa atau yang terdampak bencana akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto mengatakan pengawalan yang dilakukan BPKP agar semua warga terdampak gempa bumi benar-benar mendapatkan haknya.

"Dibutuhkan pengawalan terhadap penanganan bencana gempa bumi agar bantuan yang diserahkan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Iwan melalui keterangan tertulis, Kamis (24/11/2022).

BPKP telah menerjunkan tim ke lokasi bencana dan posko pengungsian untuk melihat langsung proses pendistribusian bantuan bagi korban terdampak bencana gempa bumi.

"Tim gabungan BPKP pusat dan perwakilan BPKP Jawa Barat telah terjun ke lapangan untuk meninjau langsung posko-posko dan dapur umum sekaligus memantau distribusi penyaluran bantuan dari pemerintah untuk memastikan masyarakat telah tertangani dengan baik," ucapnya.

Selanjutnya kata Iwan, tim gabungan tersebut akan melakukan pemantauan langsung distribusi bantuan di berbagai titik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga satu per satu di tenda salah satu posko pengungsian di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga satu per satu di tenda salah satu posko pengungsian di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Iwan mengatakan BPKP mendukung upaya penanganan bencana yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah yang sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

“Berdasarkan laporan dari tim gabungan, lokasi yang disambangi adalah posko pengungsian dan dapur umum yang berada di BPBD, Cianjur, Jawa Barat,” pungkas Iwan.(Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved