Tingkatkan Ekonomi Warga, Kodim Kab Sukabumi Bantu Kompor Biomassa Buat UMKM Kembangkan Produk Lokal

TNI dari Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melakukan upaya pemulihan dengan menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN
Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan, Kodim 0622 berupaya mendorong untuk menggeliatkan dan memberdayakan warga binaan khususnya bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pasca Covid-19 geliat perekonomian masyatakat kecil dan menengah masih belum normal. Covid-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian.

Menyikapi hal itu, TNI dari Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melakukan upaya pemulihan dengan menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan, Kodim 0622 berupaya mendorong untuk menggeliatkan dan memberdayakan warga binaan.

Khususnya bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga.

Serta mendukung pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Karena itu Kodim dan jajaran Koramil melaksanakan pendampingan dan penguatan kepada warga binaannya dalam berwirausaha, dengan mengembangkan produk-produk lokal untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang dipicu oleh peran kelompok UMKM," ujarnya di Koramil 0622-13/Jampangkulon seusai memberikan bantuan kepada pelaku UMKM, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Pemkot Bandung Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas Desain Produknya untuk Menaikkan Pembeli

Letkol Inf Anjar mengatakan, salah satu aksi nyata dalam meningkatkan produksi UMKM, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan kepada beberapa pelaku UMKM berupa kompor biomassa.

Bantuan kompor ini diharapkan bisa meningkatkan produksi dengan biaya yang rendah.

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumo, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo memberikan bantuan kompor biomassa dan pendampingan pelaku UMKM di Koramil 0622-13/Jampangkulon, Sabtu (12/11/2022).
Dandim 0622/Kabupaten Sukabumo, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo memberikan bantuan kompor biomassa dan pendampingan pelaku UMKM di Koramil 0622-13/Jampangkulon, Sabtu (12/11/2022). (TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN)

"Selain itu kami juga giat menggandeng UMKM untuk ikut serta dalam beberapa event pameran UMKM di Kota Bandung dan Jakarta, untuk mengenalkan produk lokal Kabupaten Sukabumi," ujar Letkol Inf Anjar.

"Sejak awal kami melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, salah satunya adalah banyaknya produk UMKM yang bisa dikembangkan, sehingga kami senantiasa berupaya untuk bagaimana meningkatkan dan memberdayakan pelaku UMKM melalui pendampingan dan penguatan," ucapnya.

Anjar menjelaskan, tak hanya dibawa ke setiap event, produk lokal hasil para pelaku UMKM juga dipasarkan di setiap destinasi wisata.

Pasalnya, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu wilayah dengan destinasi wisata cukup luas.

Kondisi ini membuka peluang produk UMKM lebih dikenal dan dapat meningkatkan perekonomian.

Baca juga: GudangAda Beri Edukasi Pentingnya Literasi Digital Untuk UMKM, Buka Akses Pasar Hingga Omzet Melesat

"Karena itu, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk terus memperkuat UMKM, kami juga mengajak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi untuk terus mendampingi para pelaku UMKM di desa binaan agar dapat lebih semangat mengembangkan usahanya," kata Anjar. (*)

Silakan baca berita-berita Tribunjabar.id terbaru lainnya di GoogleNews

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved