Car Free Day dan Car Free Night Ada Lagi di Kota Bandung, Untuk CFD Mulai Minggu 6 November

"Tapi, saya berharap CFD itu untuk sarana olahraga warga. Jangan jadi pusat pasar yang baru. PKL jangan terlalu banyak kalau bisa"

istimewa
foto dok Wali Kota Bandung, Yana Mulyana 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kabar gembira bagi warga Kota Bandung. Car Free Day dan Car Free Night di Kota Bandung kembali dibuka mulai Minggu 6 November 2022.

Sebelumnya CFD di kawasan Dago dan Buahbatu ditutup selama pandemi Covid-19, namun Pemkot mulai hari Minggu (67/11/2022) nanti akan kembali membuka dua titik CFD yakni di Jalan Ir H Djuanda (Dago) dan Jalan Buahbatu.

Pemkot Bandung juga membuka kembali Car Free Night di Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

"Akan dibuka kembali mulai 6 November 2022," ujar Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dalam rilisnya, Rabu (2/11/2022).

Salah satu unit kegiatan mahasiswa, Sawanda Telkom University mempertunjukkan penampilan angklung dalam kegiatan Sunda Morning di kawasan CFD Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Minggu (28/1/2018)
Salah satu unit kegiatan mahasiswa, Sawanda Telkom University mempertunjukkan penampilan angklung dalam kegiatan Sunda Morning di kawasan CFD Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Minggu (28/1/2018) (Tribunjabar/Cipta Permana)

Kembali dibukanya CFD, kata Yana, dilihat dari indikator Covid-19 di Kota Bandung yang relatif terkendali.

"Sekarang pandemi Covid-19 sangat terkendali. Tapi, saya berharap CFD itu untuk sarana olahraga warga. Jangan jadi pusat pasar yang baru. PKL jangan terlalu banyak kalau bisa," ujarnya.

Baca juga: Car Free Day akan Digelar Lagi di Kota Bandung, Catat Tanggalnya, Wali Kota: Ada Syaratnya

Menurutnya, jika semua pihak berkomitmen menjaga kondisi CFD sesuai fungsinya untuk olahraga dan kebersihannya juga, CFD akan segera dibuka.

"Dishub, Kepolisian, DLH akan terlibat juga akan membantu. Tapi harus untuk sarana olahraga," ujarnya.

Yana mengakui awalnya tidak akan membuka CFD. Namun, situasi pandemi yang dinamis membuat kebijakan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

                                                             

Kerajinan Kayu Lame di CFD Buahbatu Bandung.
Kerajinan Kayu Lame di CFD Buahbatu Bandung. (yongky yulius/tribun jabar)

"Waktu itu kita masih khawatir, tapi saat ini faktanya semua indikator menunjukkan pandemi di Kota Bandung relatif terkendali," ucapnya.

Baca juga: Rencana Dibuka CFD, Dishub Kota Bandung Sebut Prinsipnya Oke, Tapi Kalau Tak Diizinkan Harus Sabar

"Warga masyarakat juga butuh aktivitas di ruang publik terbuka, salah satunya CFD. Anggaran sudah tidak bermasalah. Sebanyak Rp 300 jutaan," katanya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CFD Bandung Kembali Dibuka di 2 Titik, Wali Kota: Untuk Olahraga Bukan Pusat Pasar"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved