Menteri Basuki Hadimuljono Setia Pakai Ponsel Nokia Jadul, Deringannya Bikin Netizen Tertawa

"Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia"

ig@kemenpupr
Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono saat bertemu Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte di Jakarta, beberapa tahun lalu. Keduanya sama-sama menunjukkan ponsel Nokia judul milik mereka. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Ponsel kian hari kian canggih, namun tidak dengan yang dimiliki oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono.

Menteri yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (25/10/2022), itu ternyata tetap menggunakan ponsel Nokia jadul.

Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @triwul82 pada Rabu (26/10/2022).

Dalam unggahan di Twitter itu ada video berdurasi 23 detik yang merekam Jokowi sedang diwawancarai awak media. Nah, Pak Bas, sapaan akrab Menteri Basuki Hadimuljono, berada tepat di samping Jokowi.

Menteri Basuki dan Nokia Jadul 1
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat menggenggam ponsel Nokia jadul dalam suatu acara podcast

Di sela-sela wartawan mengajukan pertanyaan kepada Presiden, tiba-tiba nada dering khas Nokia milik Pak Bas berbunyi memecah suasana yang sedang serius.

Seketika Pak Bas pun membalikkan badan, dan kemudian nada dering ponsel “pemersatu bangsa" itu berhenti.

Lucunya, nada dering itu sangat familier di telinga, tetapi kini sudah jarang terdengar. Atau, bisa dibilang sudah punah termakan zaman yang kian modern. Pasalnya, nada dering tersebut pernah berjaya dan menghiasi khazanah nada dering perteleponan pada awal tahun 2000-an.

Baca juga: Menteri PUPR Basuki Bantah Istana Banjir: Pompa Saya Siapkan Dua di Sini

Kejadian itu sangat menggelitik, mematahkan ekspekstasi publik terhadap seorang pejabat yang hidup pada era teknologi digital berbasis smartphone.

Tentu Pak Bas tak risau seperti para netizen yang membuat trending topic di Twitter. Maklum saja, tak ada aplikasi-aplikasi canggih di ponsel Pak Bas. Fiturnya cuma ada telepon, SMS, dan gim Snake (ular-ularan).

Baca juga: Tebing Longsor, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Pastikan Jalan Tol Cipularang Masih Aman Dilintasi

Tentang ponsel Nokia jadul tersebut, sebetulnya Menteri PUPR itu pernah menyampaikannya di hadapan publik. Tepatnya saat menghadiri Podcast Sekretariat Kabinet RI pada 18 Maret 2022.

"Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia," kata Basuki sambil menunjukkan ponselnya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Pak Bas pun mengaku tidak memiliki smartphone, tetapi hanya ponsel legendaris berwarna hitam dan silver itu.

Baca juga: Likuefaksi Picu Longsor di Tol Cipularang, Menteri Basuki Hadimuljono Jamin Tol Masih Aman Dilalui

"Nokia aja (tidak punya smartphone), kalau yang WA ya (punya) ajudan, kalau saya hanya pegang ini," katanya.

Menurut dia, ponsel tersebut hanya dimiliki oleh dua orang di dunia. Salah satunya milik Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

"Tapi ini (Nokia) di seluruh dunia hanya dua orang yang pakai, saya dengan Perdana Menteri Belanda. Dua kali saya jemput beliau di Bandara Halim, yang pertama kali saya tanya, 'Mana handphone-mu?'," katanya.

Baca juga: Murah Meriah Hanya Rp 1,6 Jutaan, Ini Spesifikasi Nokia 1.4 yang Baru Dirilis, Chipset Snapdragon

"Dengan ini kan kita fokus telepon dan SMS, Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) selalu protes, tapi Bu Menteri Keuangan kalau saya SMS balasnya dengan SMS," kata Basuki.

Ya, Memang Pak Bas ini menteri yang bersahaja dan tinggi rasa humornya. Ia kerap kali mengundang gelak tawa publik. Mulai dari pernah bergaya jadi fotografer dadakan hingga drumer dengan topi terbalik saat kegiatan-kegiatan pemerintahan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved