Mangga Indramayu Mulai Diminati Dunia, Permintaan Terus Meningkat

Langkah ini selain selaras dengan program ekspor mangga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mendunia.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Ravianto
handhika rahman/tribun jabar
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat Panen Raya dan Launching Ekspor Perdana Mangga di Desa Mangunjaya, Kecamatan Anjatan, Indramayu, Kamis (13/10/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan akan terus mendorong pengembangan ekspor komoditas buah mangga Indonesia secara masif.  

Langkah ini selain selaras dengan program ekspor buah mangga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mendunia.

Komitmen tersebut sekaligus diharapkan untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan, seperti mangga memiliki potensi besar menambah pundi-pundi devisa negara dan menjadi andalan untuk di pasarkan guna memenuhi kebutuhan pasar ekspor," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam Panen Raya dan Launching Ekspor Perdana Mangga di Desa Mangunjaya, Kecamatan Anjatan, Indramayu, Kamis (13/10/2022).

Zulkifli Hasan menyampaikan, pasca pandemi Covid-19 masyarakat seluruh dunia saat ini mulai menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga stamina dengan mengkonsumsi buah yang sarat dengan kandungan vitamin.

Salah satu sentra penghasil mangga di Indonesia salah satunya ada di Kabupaten Indramayu.

Beragam jenis mangga yang ditanam di Kabupaten Indramayu, salah satunya di perkebunan milik Kelompok Petani Karya Tani Bakti, Desa Mangunjaya.

Di antaranya ada mangga gedong gincu, mangga harum manis, mangga cengkir dan mangga agrimania. 

Para petani mangga mengemukakan permintaan pasar buah mangga untuk pesanan ekspor terus meningkat. 

Bahkan untuk jenis mangga agrimania yang merupakan komoditas mangga termahal di Indonesia sudah tembus ke pasaran Eropa.

"Para petani yakin untuk pasok pasaran ekspor baik Eropa maupun Asia dan Timur Tengah akan terpenuhi," ujar salah seorang petani mangga, Hasyim.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui ekspor mangga dari Indonesia ke dunia pada tahun 2021 tercatat mencapai total USD 4.56 juta atau sejumlah 3.112 ton. 

Mangga-mangga ini paling banyak diekspor ke negara Singapura (USD 1.18 juta), Kanada (USD 0.76 juta), Amerika Serikat (USD 0.63 juta) dan Vietnam (USD 0.6 juta). 

Indonesia saat ini berada pada posisi ke-21 dari urutan negara pengekspor Mangga di dunia. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved