Pilpres 2024

Hasil Survei, Ridwan Kamil Ungguli Prabowo, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo dalam Aspek Ini

Survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes menyatakan Ridwan Kamil sebagai calon presiden di Pilpres 2024 paling kompeten dan jujur.

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka Curated Amazing Product Jawa Barat 2022 dan Pasar Senin dan Jajanan di Gedung Amphiteater Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Selasa (4/10/2022). Survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes menyatakan Ridwan Kamil sebagai calon presiden di Pilpres 2024 paling kompeten dan jujur dibanding Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes menyatakan Ridwan Kamil sebagai calon presiden di Pilpres 2024 paling kompeten dan jujur dibanding Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Penilaian ini tergambar dari hasil survei yang dilakukan untuk melihat sentimen warganet di media sosial terhadap tokoh-tokoh politik yang akan maju di Pilpres 2024 terhadap 2.838 responden pada September lalu.

Pembina Semart Politik Club yang juga associate professor Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Sulfikar Amir, mengatakan survei yang dilakukan oleh lembaga sigi biasanya banyak mengukur elektabilitas dan kesukaan.

Baca juga: Ridwan Kamil Baru Saja Temui Prabowo, Sekjen Gerindra Minta Jangan Selalu Dikaitkan dengan Cawapres

“Kami ukur dua dimensi aspek paling penting bagi seorang politik untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah. Itu ada dua aspek kompetensi dan kejujuran,” katanya dikutip siniar TotalPolitik, Kamis (6/10/2022) malam.

Ia mengatakan, survei ini mengukur kualitas dari satu tokoh politik soal kompetensi dan kejujuran.

Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei tersebut.

“Yang kami masukkan dua aspek, pertama soal elektabilitas, kedua dia seorang yang memiliki sumber daya politik yang memungkinkan dia masuk dalam pilpres, artinya dia elite parpol,” katanya.

Delapan tokoh politik tersebut adalah Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil.

Sulfikar mengatakan pihaknya memakai metode klasik analytical hierarchy process untuk mengukur aspek kompetensi dan kejujuran para tokoh tersebut.

“Kami mendapatkan satu cara membandingkan satu tokoh dan tokoh yang lain,” ujarnya.

Dari hasil survei terkait kompetensi, Ridwan Kamil duduk di peringkat pertama dengan survei positif sebanyak 47,32 persen.

Di posisi berikutnya Anies Baswedan 40,00 persen, lalu Prabowo 16,50 persen dan Ganjar Pranowo 15,56 persen.

AHY, Airlangga, Muhaimin, dan Puan mendapatkan hasil survei negatif tertinggi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved