Perjuangan Tukang Sol Sepatu, Rela Tak Makan Demi Anak-Istri, Bikin Dedi Mulyadi Teteskan Air Mata

Perjuangan hidup tukang sol sepatu, Anang (53), membuat Kang Dedi Mulyadi tak kuasa menahan air mata. Betapa tidak

Editor: Ichsan
dok.dedi mulyadi
Perjuangan Tukang Sol Sepatu, Rela Tak Makan Demi Anak-Istri, Bikin Dedi Mulyadi Teteskan Air Mata 

TRIBUNJABAR.ID - Perjuangan hidup tukang sol sepatu, Anang (53), membuat Kang Dedi Mulyadi tak kuasa menahan air mata. Betapa tidak, bapak asal Kabupaten Garut itu merantau dan rela hanya makan satu kali sehari demi mengirim uang untuk anak dan istrinya.

Mulanya Kang Dedi bertemu Anang yang sedang berkeliling di tengah derasnya hujan. Anang terus melangkah mencari nafkah dengan memikul perabot berisi aneka peralatan untuk sol sepatu dan sandal.

Rupanya di hari itu Anang yang sudah berjalan sejak pagi hari hingga menjelang petang hanya mendapat uang Rp 30 ribu. Uang itu ia dapat dari hasil sol dua sepatu dan satu sandal.

Baca juga: Nelayan Belum Sejahtera, Legislator Golkar Dedi Mulyadi Bawa Aspirasi Nelayan ke Pemerintah

“Ini masih keliling sekalian mau pulang ke kontrakan soalnya sudah mau malam,” ujar Anang saat ditanya Kang Dedi mengapa ia terus berjalan di tengah derasnya hujan.

“Sudah makan belum?,” tanya Kang Dedi.

“Belum nanti makan jam 7 malam, dari pagi gak makan. Ini baru dapat Rp 30 ribu kalau dipakai makan nanti habis gak bisa kirim buat anak istri di Garut,” ucap Anang.

Anang mengaku setiap hari terbiasa tidak makan pagi atau siang. Ia hanya makan satu kali dalam sehari saat menjelang malam. Hal itu ia lakukan demi bisa mengirim uang untuk anak dan istrinya.

“Kalau saya makan pagi atau siang nanti gak ada uang buat dikirim. Sekali makan kan kadang Rp 10-15 ribu. Biasanya hasil nabung bisa kirim Rp 300 ribu per bulan ke kampung,” ucapnya.

Melihat Anang yang sudah mulai Lelah ditambah hujan yang semakin deras, Kang Dedi pun mengajaknya untuk naik ke dalam mobil.

“Ah kotor, Pak,” ujar Anang saat diminta masuk ke dalam mobil.

“Gak apa-apa,” timpal Kang Dedi.

Baca juga: Kang Dedi Mulyadi Curhat Kegelisahannya Lewat Lagu Rindu Purnama

Perjuangan Tukang Sol Sepatu, Rela Tak Makan Demi Anak-Istri, Bikin Dedi Mulyadi Teteskan Air Mata
Perjuangan Tukang Sol Sepatu, Rela Tak Makan Demi Anak-Istri, Bikin Dedi Mulyadi Teteskan Air Mata (dok.dedi mulyadi)

Di dalam mobil Anang menceritakan bahwa kini hidup dengan istri dan satu anak sambung. Dulunya ia pernah menikah dan memiliki tiga orang anak. Hanya saja pernikahan pertamanya itu kandas lantaran sang istri selingkuh dan memilih bekerja di Arab bersama selingkuhannya.

Pasca bercerai Anang kembali merajut rumah tangga dengan seorang janda yang memiliki satu anak. Ia menyebut istrinya yang sekarang sangat setia dan sangat bisa menerima dirinya yang berpenghasilan pas-pasan.

“Istri yang sekarang mah baik sekali, pintar simpan uang juga. Jadi sekarang saya kirim uang untuk istri dan anak (tiri),” kata Anang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved