BUMDes Tak Mampu Kelola, Pemkab Pangandaran Ambil Alih Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Madasari

Diketahui, sebelumnya objek wisata pantai Madasari tersebut dikelola oleh BUMDes Desa Masawah, Kecamatan Cimerak.

Penulis: Padna | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/Padna
Suasana Pantai Madasari, Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (14/11/2021). Dianggap tak mampu, pengelolaan objek wisata Pantai Madasari akan diambil alih langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran. 

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Dianggap tak mampu, pengelolaan objek wisata Pantai Madasari akan diambil alih langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

Diketahui, sebelumnya objek wisata pantai Madasari tersebut dikelola oleh BUMDes Desa Masawah, Kecamatan Cimerak.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan, untuk kemajuan pariwisata, Pemerintah Daerah akan mengambil alih pengelolaan objek wisata Pantai Madasari.

"Karena, kalau oleh Desa (Desa Masawah), dalam lima tahun ini tidak akan bisa terbangun dengan baik," ujar Jeje kepada sejumlah wartawan di halaman DPRD Kabupaten Pangandaran, Senin (3/10/2022) sore.

Dalam tahun ini saja, kata Ia, Pemerintah Pangandaran akan membangun jalan dengan anggaran senilai Rp 25 miliar. 

"Jadi, nanti kita lihat, berapa sih pendapatan (dari objek wisata Madasari) di sana. Karena, dia (Pemerintah Desa Masawah) mau apa dan sebagainya enggak akan mampu," katanya. 

Jadi, ucapnya, nanti pengelolaan objek wisata pantai Madasari akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah semua. "Dan sekarang juga, kita sedang membuat peraturan Bupatinya," ujarnya.

Sementara, untuk pendapatan dari wisata Madasari, tentu Pemerintah Daerah akan sering (persentase hasil) dengan Pemerintah Desa. 

"Nah, sekarang pertanyaan saya ketika dikelola oleh Desa, sekarang apa yang sudah dilakukan Desa? Kan, enggak jelas juga dan berat investasinya," ucapnya.

Kalau Pemerintah Daerah, mulai sekarang juga akan melakukan lelang pembangunan jalan menyambungkan jalan Madasari - Batu Karas senilai Rp 25 miliar. "Kalau jembatan kan sudah ada, jalannya yang belum ada," kata Jeje. (Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved