SOSOK Nadiem Makarim dari Founder Startup jadi Menteri Pendidikan, Kena Cecaran Komisi X DPR RI

Seperti apa sosok Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang terkena cecaran Komisi X DPR RI?

Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: Rheina Sukmawati
TRIBUNNEWS / JEPRIMA
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat mengikuti Rapat Kerja (Raker) perdana dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019). Nadiem Makarim terkena cecaran dari Komisi X DPR RI setelah pernyataannya di forum PBB viral terkait oraganisasi bayangan (2022). 

TRIBUNJABAR.ID - Seperti apa sosok Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang terkena cecaran Komisi X DPR RI?

Baru-baru ini nama Nadiem Makarim disorot lantaran videonya ketika berbicara di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh sebuah akun pada Kamis (22/9/2022).

Pada video itu, Nadiem Makarim menyebut bahwa ia memiliki organisasi bayangan di dalam Kemendikbudristek.

"Right now we have 400 product manager, software engineers and scientist that have created of shadow organization attach to our ministry (Saat ini kita memiliki 400 manager produk, insinyur perangkat lunak dan ilmuwan yang bekerja sebagai tim yang melekat kepada Kementerian," ujar Nadiem Makarim dalam video tersebut.

Sosok Nadiem Makarim

Lantas seperti apa sosok Nadiem Makarim?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. (KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO)

Baca juga: Hari Pendidikan Nasional Bersamaa dengan Idul Fitri, Tetap Upacara? Begini Penjelasan Nadiem Makarim

Dilansir Tribunjabar.id dari berbagai sumber, Nadiem Anwar Makarim merupakan pengusaha sekaligus pejabat kelahiran Singapura, 4 Juli 1984.

Awal kepopuleran Nadiem Makarim adalah ketika dirinya mejabat sebagai founder startup bidang transportasi berbasis daring, Gojek.

Ayah Nadiem Makarim merupakan seorang aktivis sekaligus pengacara terkemuka, Nono Anwar Makarim.

Sementara sang ibu, Atika Algadri adalah seorang penulis lepas.

Nadiem menikah dengan Franka Franklin pada 2014.

Pendidikan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi semangat juang para guru di tengah hantaman pandemi Covid-19 di Hari Guru Nasional, Kamis (25/11/2021)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi semangat juang para guru di tengah hantaman pandemi Covid-19 di Hari Guru Nasional, Kamis (25/11/2021) (Dok Kemendikbudristek)

Selama menjalani proses pendidikan dasarnya hingga SMA, Nadiem Makarim kerap berpindah-pindah dari Jakarta hingga Singapura.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved