Dugaan Pungli di Kelurahan Talun Sumedang, Penerima BLT BBM Dianjurkan Langsung Bayar PBB

Kasus dugaan pungutan liar (pungli) bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi naiknya harga BBM di Kelurahan Talun, mulai terbongkar.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Giri
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi uang - Kasus dugaan pungutan liar (pungli) bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) di Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, akhirnya mulai terbongkar. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kasus dugaan pungutan liar (pungli) bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) di Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, akhirnya mulai terbongkar.

BN, tokoh masyarakat di Kelurahan Talun mengatakan, selain diminta membeli kupon gerak jalan di Kelurahan Talun, penerima BLT pun dianjurkan untuk membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). 

"Penerima BLT pun dianjurkan untuk melunasi PBB saat pencairan BLT," kata BN saat dihubungi TribunJabar.id, Minggu (25/9/2022). 

BN mengatakan, banyak warga yang mengeluhkan kondisi itu.

Bahwa dia diminta membayar PBB oleh pihak kelurahan saat pencairan BLT BBM. 

"Kalau dengar mah banyak KPM yang diminta untuk membayar PBB, tetapi saya belum berani mengumpulkan KPM karena kondisi masyarakat Talun saat ini lagi pada panik. Mereka ketakutan," ucapnya. 

Baca juga: Dugaan Penyunatan BLT BBM di Kelurahan Talun, Warga Meminta Bupati Sumedang Berikan Tindakan Hukum

Meski begitu, dia mengaku telah mengantongi dua nama penerima BLT BBM yang dianjurkan untuk membayar PBB saat pencairan BLT di kelurahan tersebut pada 13 September 2022.

"Ada dua nama penerima BLT yang telah saat kantongi, yakni AM, dan IL. Saat mereka antre di kantor kelurahan, mereka ditegur dan dianjurkan oleh petugas kelurahan untuk membayar PBB, hingga akhirnya saat BLT cair, mereka membayarnya," kata dia. 

TribunJabar.id berulang kali menghubungi Lurah Talun, Rinny Mulyati, untuk mengonfirmasi perihal ini, namun hingga berita ini ditulis belum mendapatkan respons. 

Baca juga: Wabup Sumedang Sebut Lurah Talun Harus Sedia Ambil Risiko Jika Terbukti Sunat BLT BBM, Bisa Demosi

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman, menegaskan, jika ternyata nanti ditemukan ada penyelewengan penyaluran BLT BBM di kelurahan Talun, dia tak akan segan untuk menegakkan aturan.

"Kalau betul ya ditemukan hal demikian, tidak tegas," kata Herman, Senin (19/9/2022). (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved