MENEGANGKAN, Begini Cerita Warga Selamat dari Banjir di Cikaso Sukabumi, Lari Saat Air Mulai Naik

Suasana menegangkan terjadi pada detik-detik terjadi saat banjir melanda Cikaso, Kampung Cinitih, Jumat (23/9/2022) malam.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Giri
Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Kondisi rumah di tepi Sungai Cikaso di Kampung Cinitih RT 08 RW 01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang terdampak banjir pada Jumat (23/9/2022) malam. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi, M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Suasana menegangkan terjadi pada detik-detik terjadi saat banjir melanda Cikaso, Kampung Cinitih RT 08 RW 01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022) malam.

Warga berlarian saat air Sungai Cikaso mulai naik ke pemukiman.

Seorang warga, Mimin (50), mengatakan, ketika mengetahui air sungai mulai naik ke daratan, dia langsung ditarik sang suami untuk menyelamatkan diri.

Mereka lari ke permukaan yang lebih tinggi.

Mimin menceritakan, sebelum terjadi banjir, hujan turun sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Air sungai pun mulai naik dan di saat itu dia langsung menyelamatkan diri.

Baca juga: Kondisi Terkini Banjir di Cikaso Sukabumi, Damkar Bersihkan Jalan dan Rumah dari Lumpur

"Kemarin itu pas travel pulang dua bus jam empat. Jam empat itu hujan, dikira air enggak mau masuk. Waktu itu masih kecil. Eh tiba-tiba jam setengah enam air itu langsung masuk ke dalam rumah. Langsung hanyut semua barang-barang. Posisi ibu langsung diamankan sama bapak. Para tamu alhamdulillah sudah pada pulang," ujar Mimin di lokasi, Sabtu (24/9/2022).

Mimin mengatakan, dia tidak sempat menyelamatkan barang yang ada di rumah dan warung tempatnya berjualan.

Petugas menyemprotkan air membersihkan jalan dari lumpur akibat banjir di Kampung Cinitih RT 08 RW 01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022).
Petugas menyemprotkan air membersihkan jalan dari lumpur akibat banjir di Kampung Cinitih RT 08 RW 01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022). (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Saat ini, ia berusaha mengumpulkan barang-barang yang masih ada dan masih bisa dipakai.

Bangunan rumahnya rusak, terlihat bagian dapurnya pun porak-poranda.

"Ini semuanya habis dagangan, hancur. Mudah-mudahan ya setelah ini kejadiannya dari atas mungkin harus ada bantuan yang sesuai, semuanya hancur, toilet ancur. Kerugian ibu di bawah Rp 100 juta, belum utang ke bank emok. Kemarin belanja ibu pinjam dulu ke bank emok," kata Mimin.

Baca juga: Banjir 6 Meter di Cikaso Terparah Sejak 2016, 8 Rumah Hanyut dan Puluhan Terendam

Data dari terbaru dari BPBD, terdapat 22 rumah rusak parah dan lima perahu terbawa arus.

Namun, untuk kerusakan di lokasi lain saat ini masih dalam pendataan, karena banjir juga terjadi di Ciloma, Desa Cibitung, yang masih di bantaran Sungai Cikaso. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved