Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Melalui CRM

Menggunakan sistem CRM alias Customer Relation Management untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan bisnis secara efektif.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pemanfaatan teknologi digital menggunakan aplikasi di smartphone 

TRIBUNJABAR.ID - Banyak hal yang harus dilakukan oleh tim sales untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari menyelesaikan tugas administrasi, mengunjungi lapangan, melayani pelanggan, membuat laporan, melakukan analisis, dan masih banyak lagi.

Jika semua tugas tersebut dilakukan secara manual, maka ini akan menghambat laju penjualan dan malah tidak dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sistem CRM alias Customer Relation Management untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan bisnis secara efektif.

Bagi para pelaku bisnis, CRM sudah tidak asing.

Baca juga: Tak Ribet, Beginilah Cara Kerja Aplikasi Penghasil Uang VidMate Cash 

Baca juga: Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi, Langsung Masuk Galeri HP, Bukan Pakai MP3 Juice

Kini, melakukan dan memantau aktivitas penjualan bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih apabila tanpa bantuan alat pendukung seperti aplikasi CRM.

Sampai di sini, Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang ‘Apa saja yang dapat dilakukan CRM terbaik untuk aktivitas penjualan?’ Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini dijabarkan cara meningkatkan penjualan melalui CRM.

1. Kelola tugas dengan lebih efisien
Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan mengelola tugas penjualan dengan lebih efisien.

Aplikasi CRM dilengkapi dengan planner yang dapat membantu menjadwalkan aktivitas tim sales secara efektif. Misalnya seperti kapan mereka harus menelpon customer dengan fitur task management.

2. Otomatiskan tugas administrasi
Pada umumnya sistem manajemen hubungan pelanggan memiliki sales automation yang berfungsi untuk mengotomatiskan tugas administrasi yang berulang. Misalnya seperti membuat invoice untuk pelanggan.

3. Dukung mobilitas tim sales secara efektif
Setiap salesman tentu memiliki mobilitas yang tinggi. Di mana mereka dituntut untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat. Di saat yang bersamaan, mereka juga harus melaporkannya kepada supervisor atau manajer penjualan.

Baca juga: Penjualan Tiket Presale Timnas Indonesia vs Curacao Ditutup Sore Ini, Suporter Jangan Kehabisan

4. Pantau progress pelanggan
Aplikasi CRM terbaik umumnya dilengkapi dengan pipeline yang dapat memberikan visibilitas terhadap progress pelanggan. Beberapa di antaranya menawarkan sales pipeline yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Sebab setiap perusahaan tentunya memiliki sales cycle yang berbeda-beda.

5. Pahami kebutuhan pelanggan
Dengan menggunakan sistem CRM yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya, Anda dapat dengan mudah mengetahui semua detail informasi pelanggan. Hal ini berguna untuk memahami kebutuhan mereka.

6. Lakukan analisis terperinci dan terprediksi
Cara meningkatkan penjualan melalui CRM selanjutnya adalah dengan melakukan analisis yang terperinci dan terprediksi. Ini artinya, Anda dapat memiliki wawasan penting terkait bisnis Anda.

7. Tawarkan diskon spesial tepat sasaran berdasarkan segmentasi pelanggan
Cara meningkatkan penjualan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah dengan menawarkan diskon spesial yang tepat sasaran. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM untuk melakukan segmentasi pelanggan. (*)

 

sumber: tribunnews

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved