Tampung Keluhan Warga Sumedang, Puan Maharani Bilang Sulit Cari Ubi Cilembu yang Asli di Jakarta

Warga Kabupaten Sumedang mengeluhkan berbagai hal kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dari soal jalan tembus ke Lembang, bibit sapi hingga ubi cilembu

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat berdilog dengan petani di Desa Haurgombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jumat (23/9/2022). Warga Kabupaten Sumedang mengeluhkan berbagai hal kepada Puan Maharani. Dari soal jalan tembus ke Lembang, bibit sapi hingga produksi ubi cilembu. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Warga Kabupaten Sumedang mengeluhkan berbagai hal kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani ketika melakukan kunjungan kerja ke Desa Haurgombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (23/9/2022).

Keluhan warga itu berkutat pada persoalan pertanian seperti bagaimana cara meningkatkan produksi ubi cilembu, bagaimana sarana transportasi untuk Kelompok Wanita Tani, dan bibit sapi perah unggulan.

Ada pula yang berharap ada pembukaan jalan tembus 25 kilometer dari Kecamatan Sukasari ke Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat agar warga tak perlu memutar 60 kilometer via Kota Bandung jika akan ke Lembang menjual hasil olahan tani.

Keluhan-keluhan itu dijawab langsung oleh Puan Maharani, yang juga datang beserta Anggota DPR lainnya yang mengurusi sejumlah bidang sesuai dengan Komisi mereka di DPR.

"Soal sapi, sudah ada bibitnya di Lembang. Kirim lah satu ekor atau berapa ekor untuk percontohan apakah bagus dipelihara dan dikembangbiakkan di Pamulihan," kata Puan disambut sorak hadirin yang tampak gembira.

Baca juga: Soal Teriakan "Puan Presidenku" oleh Warga di Sumedang, Begini Tanggapan Puan Maharani

Pada keluhan lain, seperti tentang peningkatan produksi ubi Cilembu, penganan khas dari Desa Cilembu di Kecamatan Pamulihan, Puan menyerahkan jawabannya kepada anggota DPR dari Komisi IV, Sudin.

"Saya kalau di Jakarta selalu cari itu ubi Cilembu. Susah Pak cari ubi Cilembu yang asli di Jakarta, adanya hanya di supermarket. Silakan Pak Sudin untuk menjawab," kata Puan.

Sudin, Anggota DPR dari daerah pemilihan Lampung I menjawab bahwa peningkatan produksi ubi Cilembu sangat bisa dilakukan dengan penambahan bibit.

"Itu kami sudah bicarakan dengan balai penangkaran benih, tinggal ditambah saja benihnya," kata Sudin yang berbicara mengenakan pengeras suara di dekat panggung.

Puan mengatakan keluhan-keluhan masyarakat itu pastilah ada jalan keluarnya. Namun, tak setiap keluhan bisa diselesaikan segera. Misalnya, membuka jalan Sukasari-Lembang, itu menurutnya perlu waktu yang tak bisa selsai perencanaannya sebulan atau dua bulan. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved