Sambut Bulan Gemar Membaca, Dispusipda Ajak Orang Tua dan Murid Sekolah dalam Giat Seminar Digital

Dispusipda Ajak Orang Tua dan Murid Sekolah dalam Giat Seminar Digital dalam rangka menyambut bulan Gemar Membaca

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Siti Fatimah
Kemal S Permana
Kepala Dispusipda Jabar, Hening Widiatmoko (jongkok tengah) menyapa para peserta lomba mewarnai yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang dilaksanakan mulai Bulan September hingga Oktober 2022 di Kantor Dispusipda, Jalan Kawaluyaan, Kamis (22/09/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang dilaksanakan mulai Bulan September hingga Oktober 2022. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi (Dispusipda) Jawa Barat menggelar Seminar Literasi Digital dan Lomba Mewarnai untuk kategori TK/Paud sebanyak 150 orang dan SD/MI yang diikuti sebanyak 100 murid.

Seluruh rangkaian kegiatan digelar di Kanotr Dispusipda, Jalan Kawaluyaan, Kamis (22/09/2022).

Kepala Dispusipda Jabar, Hening Widiatmoko, mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini digelar dengan tema "Gemakan Budaya Membaca dan Membaca Budaya” yang diisi dengan inti acara yakni seminar literasi digital dimana pihaknya akan memanfaatkan waktu setiap minggu menggelar acara seminar atau webinar dan talkshow.

"Harapannya akan lebih banyak lagi warga yang mengakses informasi pentingnya budaya  membaca dimana-mana, baik di sekolah, keluarga, masyarakat, ini yang sedang kami upayakan membangkitkan minat baca masyarakat," ujar Hening di sela kegiatan.

Hening mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sebagai hasil kolaborasi antara Dispusipda dengan PT Best Event Solutian (BES).

Menurutnya, perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat bagi masyarakat mempunyai peran strategis sebagai  pusat ilmu pengetahuan, pusat pemberdayaan masyarakat, pusat kebudayaan, pusat informasi, pusat penelitian, dan pusat rekreatif.

"Tujuan dilaksanakan seminar literasi digital adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi, inovasi dan kreativitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter. Pembudayaan kegemaran membaca dan literasi masyarakat dapat dilakukan melalui jalur informal (keluarga), formal (satuan Pendidikan Lembaga formal) dan non formal (masyarakat) sedangkan sasaran kegiatan tumbuh kembangnya kegemaran budaya masyarakat dan kemampuan literasi informasi masyarakat serta meningkatnya kunjungan dan pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat," katanya.

Untuk membangkitkan minat literasi digital, Hening menyebutkan bahwa setiap anak peserta lomba didampingi orangtua masing-masing dimana orangtua ini pun dilibatkan dalam kegiatan seminar. 

Dengan demikian, baik anak maupun orangtua, kedua pihak sama-sama mendapatkan manfaat dari terselenggaranya event ini.  

"Jadi kalau para murid sekolah dasar dan TK ikut lomba menggambar, orangtua-nya kami ikutkan dalam kegiatan seminar, harapannya para orangtua ini pun akan semakin memahami pentingnya membaca buku melalui media digital," kata Hening.

Sementara itu, materi Seminar Literasi Digital ini meliputi beberapa materi seperti Cakap Digital (narasumber Joddy Caprinata), Etika Digital (narasumber Agustin Rahmawati), Budaya Digital (narasumber Siti Sholikah), serta moderator Icha Avrianty. 

Dalam kesempatan yang sama, Miranti Adriana dari BES mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin melihat kondisi masyarakat yang masih rendah dalam minat membaca, termasuk melalui media digital.

"Oleh sebab itu saya bersama pihak Dispusipda bekerjasama menggelar acara ini dengan harapan dari sini kita bisa memulai untuk menumbuhkan minat baca dari kalangan anak-anak sebagai masa depan bangsa," ujarnya.  

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved