PLN Mulai Pembangunan PLTA Terbesar di Indonesia dengan Sistem Pumped Storage

PLN memulai pembangunan PLTA terbesar di Indonesia dengan sistem Pumped Storage

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Groundbreaking PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT PLN (Persero) memulai babak baru dalam pembangunan mega proyek PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS). Setelah pekerjaan pembangunan jalan akses selesai dikerjakan, saat ini PLTA dengan teknologi Pumped Storage pertama dan terbesar di Indonesia itu resmi memasuki tahap konstruksi.

Dalam acara bertajuk “Groundbreaking PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW” yang diselenggarakan di lokasi pembangunan PLTA tersebut, tahap ini ditandai dengan pengoperasian alat berat secara simbolis dan disaksikan sejumlah pejabat mulai dari tingkat nasional hingga tingkat daerah.

Hadir dalam acara, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Hageng S. Nugroho menjelaskan bahwa dimulainya pembangunan PLTA ini merupakan bentuk konkret aksi Indonesia dalam mendukung Energy Transition Mechanism (ETM) dan pencapaian target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025 untuk menunjang pembangunan rendah karbon.

Baca juga: Bangun PLTA Upper Cisokan 1.040 MW, PLN Kantongi Pendanaan USD 380 Juta

Hal tersebut menjadi selaras dengan komitmen PLN untuk memimpin transisi energi menuju energi yang lebih hijau.

Tercatat dalam RUPTL PLN, komposisi penambahan pembangkit EBT mencapai 20,9 Giga Watt (GW)  dari 40,6 GW total penambahan pembangkit baru atau sekitar 51,6 % total penambahan kapasitas pembangkit PLN.

“Bapak Presiden mengingatkan bahwa Proyek PSN harap dipercepat penyelesaiannya dan dipantau progresnya. Kantor Staf Presiden akan terus mendukung dan mengawal proyek ini karena proyek ini termasuk Proyek Strategis Nasional dan menjadi tugas KSP untuk terus mengawal PSN,” ujar Hageng.

Groundbreaking PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW
Groundbreaking PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW (istimewa)

Executive Vice President Konstruksi Jawa, Madura, Bali, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) , Ratnasari Sjamsuddin mengatakan bahwa saat ini, Pemerintah Indonesia tengah berkomitmen menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 % terhadap proyeksi skenario bisnis yang dijalankan secara biasa (business as usual) pada tahun 2030 dan mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Hal tersebut menjadikan PLN mempunyai peran penting dalam program dekarbonisasi untuk mencapai NZE tahun 2060.

Baca juga: Pemberdayaan Keekonomian Warga Terdampak  Plta Upper Cisokan Pump Storage Di Kabupaten Bandung Barat

“Untuk mencapai target NZE pemerintah Indonesia, maka PLN berkomitmen untuk mencapai target carbon neutral pada tahun 2060, mencapai energy mix EBT 23 % pada tahun 2025, tidak melakukan penambahan pembangkit berbahan bakar fosil serta melakukan transisi pembangkit batubara ke EBT secara bertahap,” kata Ratnasari.

Pembangunan PLTA yang ditargetkan beroperasi di tahun 2027 ini dilaksanakan melalui Kerjasama pendanaan antara PLN dengan pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Keuangan melalui skema perjanjian penerusan pinjaman atau Subsidiary Loan Agreement (SLA) dimana PLN mendapatkan total pendanaan sebesar USD380 juta dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang merupakan bagian dari World Bank Group.

Selain itu, proyek PLTA UCPS juga direncanakan akan didanai oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dengan total pendanaan USD230 juta dalam bentuk co-financing dengan World Bank dengan skema serupa.

Pengambilan keputusan ini dinilai menjadi langkah yang tepat waktu dan kritikal oleh PLN dalam proses transisi energi. Hal tersebut dilihat dari tingkat suku bunga yang kompetitif dan tenor yang panjang yaitu 24,5 tahun.

Di sisi lain, PLTA ini akan mengurangi ketergantungan dan sensitivitas APBN terhadap gejolak harga komoditas utama, terutama minyak dan gas.

Sehingga, koefisien korelasi biaya dengan pergerakan harga minyak dan gas dapat dikurangi.

Baca juga: Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Profil PLTA Poso Pembangkit EBT Terbesar di Indonesia Timur

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved